OPTIMALISASI AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN KOGNITIF SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT)

Muhammad Medianto, Sulton Nawawi

Abstract


Berdasarkan hasil observasi di SMAN 2 Gedongtataan, diketahui bahwa pemahaman kognitif siswa kelas X pada materi pokok Ekosistem Tahun Pelajaran 2018/2019 masih sangat rendah, yaitu rata-rata 65. Nilai tersebut belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu 100% siswa mencapai nilai ?75. Siswa yang telah mencapai KKM hanya 47% dari jumlah keseluruhan siswa kelas X. Rendahnya pemahaman kognitif siswa diduga akibat metode yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran kurang tepat dengan karakteristik materi dan siswa. Selama ini guru hanya menggunakan metode ceramah dan diskusi informasi. Oleh sebab itu, dalam penelitian ini mengkaji penggunaan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan aktivitas dan pemahaman kognitif siswa kelas X SMAN 2 Gedongtataan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus. Setiap siklus terdiri atas langkah-langkah: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data kuantitatif pemahaman kognitif siswa yang diperoleh melalui postest, sedangkan data aktivitas siswa diperoleh dari lembar observasi. Data dianalisis menggunakan statistik sederhana atau dekriptif dalam bentuk skor dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan: (1) pemahaman kognitif siswa, dilihat dari semakin meningkatnya nilai postest siswa dari siklus ke siklus: (2) aktivitas siswa, dibuktikan dari meningkatnya aktivitas on task semakin dari siklus ke siklus.


Full Text:

PDF

References


Astuti, W. P., Rahayu, H. M., & Kurniawan, A. D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar dan Sikap Percaya Diri Siswa pada Materi Ekosistem di MTs Al-Ihsan Pontianak. Pena Kreatif: Jurnal Pendidikan, 8(2), 112-124.

Gayatri, Y. (2016). Cooperative Learning Tipe Team Game Tournaments (TGT) Sebagai Alternatif Model Pembelajaran Biologi. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 9(3).

Kristiana, I., Nurwahyunani, A., & Dewi, E. R. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Menggunakan Media Puzzle Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Siswa Kelas VIII MTs N 1 Semarang. Bioma: Jurnal Ilmiah Biologi, 6(2).

Lestari, N. I., Razak, A., Lufri, L., Zulyusri, Z., & Arsih, F. (2022). Meta-Analisis Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 8(1), 17-30.

Rachmat. (2007). Bagaimana Melaksanakan PTK Metode Team Games Tournament (TGT). https://gurupkn.wordpress.com/

Sardiman, A.M. (2006). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta.

Slavin R.E. (2008). Cooperatif Learning : Teori, Riset dan Praktek. Nusa Media.

Wiriatmadja, R. (2008). Metode Penelitian Tindakan Kelas. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.




DOI: https://doi.org/10.32502/jpt.v1i1.5720

Refbacks

  • There are currently no refbacks.