BUDIDAYA IKAN LELE DENGAN MENGGUNAKAN WARING DI DESA PENYANDINGAN

Titah Titah, A Hamdi Asysyauki, Tsabitah Zahra Dwi Anzani Dkk

Abstract


Ikan lele merupakan salah satu sektor perikanan yang unggul dipasaran dan memiliki potensi dalam ketahanan pangan sebagai sumber protein hewani. Kajian ini memiliki tujuan untuk menganalisis usaha budidaya ikan lele di Desa Penyandingan, menganalisis potensi budidaya ikan lele pada warga Desa Penyandingan, menyusun alternatif pengembangan usaha budidaya ikan lele dengan metode lainnya. Metode yang digunakan dalam kajian ini dengan cara melakukan observasi dan wawancara yaitu dengan datang langsung ke tempat budidaya ikan lele dan melakukan wawancara dengan bapak Heri di desa penyandingan kecamatan sirah pulau padang kabupaten ogan komering ilir. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan bahwa ikan lele termasuk kedalam ikan kanibal sehingga kelangsungan hidupnya menjadi rendah. Pemberian pakan untuk ikan lele bersifat bebas, namun tetap harus memperhatikan nutrisi ikan tersebut. Tempat yang harus disediakan untuk ikan lele dapat menggunakan waring. Untuk harga jual yang dipasarkan Rp. 25.000,00/kg dengan kelebihan cepat dan lancar. Sedangkan kelemahan dan kesulitannya adalah pemberian pakan.


Full Text:

PDF

References


Batubara, J. P., Laila, K., Ansoruddin, & Ridwan, L. (2019). Pemanfaatan Lahan Sempit Untuk Budidaya Ikan Lele di Kelurahan Tebing Kisaran Kabupaten Asahan. Jurnal Anadara Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 207-211.

Jatnika, D., Sumantadinata, K., & Pandjaitan, N. H. (2014). Pengembangan Usaha Budidaya Ikan Lele (Clarias Sp.) di Lahan Kering di Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Manajemen IKM, 9(1), 96-105.

Muarif, & Rosmawati. (2011). Kelangsungan Hidup dan Pertumbuhan Benih Ikan Lele Dumbo (Clarias Sp.) Pada Sistem Resirkulasi Dengan Kepadatan Berbeda. Jurnal Pertanian, 2(1), 36-47.

Muntafiah, I. (2020). Analisis Pakan pada Budidaya Ikan Lele (Clarias Sp.) di Mranggen. Jurnal Riset Sains dan Teknologi, 4(1), 35-39.

Wibowo, A., Satiri, Ruliana, P., & Yulianto, K. (2022). Komunikasi word of mouth(wom)sebagai penentu keputusan pembelian konsumen. Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia , 2(3), 617-629.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email: lppmumpalembang@gmail.com