PEMBERDAYAAN KESEHATAN DI MASYARAKAT TANJUNG BARU PETAI

Ananda Febryan Putra, Dea Justicia Ardha Dkk

Abstract


Dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) angkatan ke 59 kelompok 211 melakukan penelitian terhadap Kesehatan Masyarakat desa Tanjung Baru Petai bertujuan untuk memastikan masyarakat desa Tanjung Baru Petai dalam keadaan sehat mengingat target medical check up yang dilakukan adalah untuk masyarakat yang berumur 60 keatas (lansia). Kegiatan KKN ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif untuk melihat Kesehatan warga. Objek penelitian adalah warga di desa tanjung baru petai karena ingin mengetahui keadaan kesehatan khususnya untuk penyakit hipertensi (darah tinggi) dan kencing manis (diabetes) di masyarakat desa tanjung baru petai. Medical check up yang dilakukan ialah pengecekan tekanan darah dan pengecekan gula darah. Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat desa Tanjung Baru Petai dan juga semoga setelah di lakukannya medical check up ini masyarakat desa Tanjung Baru Petai dapat menjaga kesehatannya.


Keywords


Medical check up, tekanan darah, gula darah, kesehatan

Full Text:

PDF

References


Azalista Amri. (2021). Laporan Praktikum Pemeriksaan Kadar Glukosa Darah Online.

Akil AAS, Yassin E, Al-Maraghi A, et al. (2021). Diagnosis and treatment of type 1 diabetes at the dawn of the personalized medicine era. J Transl Med. 19, 137.

Padwal R, Campbell NRC, Weber MA, Lackland D, Shimbo D, Zhang X-H, et al. (2019). The Accuracy in Measurement of Blood Pressure (AIM-BP) collaborative: Background and rationale. The Journal of Clinical Hypertension.21(12):1780–3.

Tim Biokimia. Pedoman Praktikum Biokimia Gizi. (2020). Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Banjarmasin, Jurusan Gizi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email: lppmumpalembang@gmail.com