GERAKAN PENCEGAHAN STUNTING MELALUI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI KECAMATAN JEJAWI KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR DESA BATUN BARU

Devina Putri, Gumar Herudiansyah Dkk

Abstract


Stunting masih menjadi masalah kesehatan masyarakat di negara berkembang seperti Indonesia dengan prevalensi yang cukup tinggi. Standar baku WHO-MGRS (Multicentre Growth Reference Study) tahun 2005 menunjukkan, nilai z-scorenya kurang dari -2SD dikatagorikan pendek, dan dikategorikan sangat pendek jika nilai z-scorenya kurang dari -3SD (Kemenkes RI, 2016). Faktor penyebab stunting dapat dikelompokan menjadi penyebab langsung dan tidak langsung. Praktik pemberian kolostrum dan ASI eksklusif, pola konsumsi anak, dan penyakit infeksi yang diderita anak menjadi faktor penyebab langsung yang mempengaruhi status gizi anak dan bisa berdampak pada stunting. Dari 20 responden, didapatkan bahwa variabel stunting anak di Desa Batun Baru terbagi menjadi 33,4% atau sebanyak 5 anak stunting dan 66,6% atau 15 anak tidak stunting. Berdasarkan hasil pengumpulan data balita, maka diperoleh riwayat pemberian ASI untuk balita normal yaitu balita yang diberi ASI eksklusif dengan jumlah 10 orang (60%) dan tidak eksklusif dengan jumlah 5 orang (40%). Sedangkan untuk balita stunting yang mendapatkan ASI eksklusif berjumlah 2 orang (35%) dan tidak eksklusif 3 orang (65%).


Keywords


stunting, pemberdayaan masyarakat, sosialisasi

Full Text:

PDF

References


Kemenkes RI. (2016). Situasi Balita Pendek. In Pusdatin Kemenkes RI (pp. 1–10).

Kusumawati, A. H., Abriyani, E., et al. (2021). Gerakan pencegahan stunting melalui pemberdayaan masyarakat di desa Duren, kecamatan Klari. Jurnal Buana Pengabdian, 3(1), 115-123.

Nirmalasari, N. O. (2020). Stunting Pada Anak: Penyebab dan Faktor Risiko Stunting di Indonesia. Qawwam, 14(1), 19-28.

Ruswati, R., Leksono, A. W.,et al. (2021). Risiko Penyebab Kejadian Stunting pada Anak. Jurnal Pengabdian Kesehatan Masyarakat (Pengmaskesmas), 1(2).

Supariasa.I.D.N., & Purwaningsih, H. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kejadian Stunting Pada Balita Di Kabupaten Malang. Karta Rahardja: Jurnal Pembangunan dan Inovasi, 1(2), 55-64.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email: lppmumpalembang@gmail.com