PENGEMBANGAN BUDIDAYA PEPAYA JENIS CALIFORNIA UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI DI DESA SUNGAI RENGIT KABUPATEN BANYUASIN

Yuli Rosianty, Delfy Lensari Dkk

Abstract


Indonesia yang memiliki iklim tropis  sangat potensial untuk membudidayakan pepaya California (Carica papaya L), mempunyai prospek pemasaran yang baik karena merupakan buah yang banyak diminati masyarakat Indonesia selain harganya murah juga baik untuk kesehatan yang merupakan sumber vitamin mineral.  Salah satu program kerja unggulan mahasiswa KKN periode 59 UMPalembang di Desa Sungai Rengit, Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan melakukan penyuluhan budidaya Pepaya California kepada masyarakat RT 25 Dusun III Talang Bungin dalam upaya peningkatan pendapatan dan perekonomian masyarakat desa. Untuk mengembangkan budidaya pepaya California banyak hal yang harus diperhatikan diantaranya pemilihan varietas unggul, penyiapan lahan yang baik, penggunaan mulsa, pengelolaan tanaman yang baik, pengendalian hama dan penyakit, pemantauan dan perawatan serta waktu  pemanenan yang tepat selain itu juga harus dipertimbangkan pemasaran yang efektif menjalin kemitraan dengan stakeholder terkait, juga perlu diadakan pelatihan manajemen keuangan dan  pengembangan produk olahan. Mahasiswa KKN juga membantu masyarakat petani pepaya Calipornia dalam proses pemanenan  dan pemasaran buah pepaya Calipornia dengan menerapkan teknik pemasaran yang baik dan menarik minat pembeli.


Keywords


ekonomi, pepaya, budidaya pepaya california

Full Text:

PDF

References


Alam tani. (2015). Panduan Teknis Budidaya Pepaya. http://alamtani.com/budidayapepaya.html. Diakses 19 September 2023

Bahua, M.I. (2016). Kinerja Penyuluh Pertanian. Deepublish. Yogyakarta,

Direktorat Jenderal Hortikultura. (2011). Teknologi Pasca Panen. Jakarta

Gian, M., Pratama, G., Elgasari, B., Istiaji, B., Hidayat, Y., & Bayuardi, W. (2020). Pengembangan Kemitraan dan Pemberdayaan Masyarakat melalui Pembibitan Pepaya (Carica papaya L . ) di Desa Bojong Partnership Development and Community Empowerment through Papaya (Carica papaya L) Nurseries in Bojong Village. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat, 2 (3), 524–529.

Hadi, S. N., Kerliana, O., & Widiyawati, I. (2018). Pepaya calina, Kelompok Tani Warakan, Desa Patemon. Logista Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 2 (2).

Imanda, N., & Suketi, K. (2018). Pengaruh Jenis Media Tanam Terhadap Pertumbuhan

Bibit Pepaya (Carica Papaya L. ) Genotipe IPB 3, IPB 4, dan IPB 9.

Panji Nugroho. “Studi Kelayakan Usaha Budidaya Pepaya California (Carica Papaya L.) Didesa pulau tagor kecamatan serbajadi Kabupaten Serbang Begaday”. Vol. 9 no. 3 (2021), hal. 1–9.

Permadi, A. 2014. Cara Menanam Pepaya Agar Berhasil, Ikuti 8 Tips ini! http://www.infoagribisnis.com/2014/12/cara-menanam-pepaya. Diakses 1 September 2023

Purlinda, D. E., & Simanjutak, S. B. I. (2020). Potensi Jus Buah Pepaya (Carica Papaya L .) Mencegah Nefrotoksisitas pada Tikus Wistar yang Terpapar Pb Asetat. Majalah Ilmiah Biologi Biosfera: A Scientific Journal, 37 (2), 97–105 https://doi.org/10.20884/1.mib.2020.37.2.860

Syakhila, L. (2019). Manfaat Ekstrak Daun Pepaya Untuk Menghilangkan Sakit Perut Saat Haid. Jurnal Sains, 1–9.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email: lppmumpalembang@gmail.com