PENGETAHUAN MASYARAKAT MENGENAI UMKM DI KELURAHAN AIR BATU DAN AIR BATU JAYA

Yoga Pratama, M. Hurairah Dkk

Abstract


Pengetahuan Masyarakat mengenai Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Air Batu dan Air Batu Jaya. UMKM adalah suatu usaha perdagangan yang dikelola oleh orang-perorangan atau berbentuk badan usaha yang kegiatan usahanya pada lingkup kecil atau juga mikro. Dengan adanya kesadaran untuk mendukung UMKM Daerah untuk maju, membuat lingkup usaha semakin terbuka. Salah satu kunci keberhasilan usaha mikro, kecil dan menengah adalah adalah tersedianya pasar yang jelas bagi produk UMKM. Sementara itu kelemahan mendasar yang dihadapi UMKM dalam bidang pemasaran adalah orientasi pasar rendah, lemah dalam persaingan yang kompleks dan tajam serta tidak memadainya infrastruktur pemasaran. Peran masyarakat yang berpartisipasi aktif dalam pengetahuan UMKM juga akan membantu memajukan persaingan pasar. Dengan menggunakan pendekatan secara kuantitatif, peneliti mendapatkan seberapa penting pengetahuan, keterampilan, dan pengembangan masyarakat terhadap potensi usaha UMKM di daerah setempat. Peneliti juga memberikan penyuluhan mengenai UMKM dengan harapan masyarakat dapat mandiri dalam menunjang perekonomian dan memperluas kesempatan kerja.


Keywords


UMKM, pengetahuan, teknologi

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Ariyanti, A. (2021). Enterpreneurial Mindsets & Skill. Solok : Insan Cendekia Mandiri.

Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Selatan. (2017). Profil Industri Mikro dan Kecil Provinsi Sumatera Selatan.

Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Selatan. (2018). Profil Industri Mikro dan Kecil Provinsi Sumatera Selatan.

Basry, A., Essy, S. (2018). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal IKRA-ITH Informatika 2(3), 53-60.

Feni, D., Imam, H., Ainul, H. (2017). Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal dan Potensi Internal. Jurnal Administrasi Publik (JAP) 1(6), 1286-1295.

Keban, Yaremis T. (2008) Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik: Konsep Teori dan Isu.Jakarta. Gavamedia.

Tumija. (2022). Peran Pemerintah dan Partisipasi Masyarakat dalam Peningkatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) pada Masa Pandemi COVID-19 di Cipageran, Cimahi. Jurnal Civitas Consecratio, 2(1), 25-37.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email: lppmumpalembang@gmail.com