Penguatan Identitas Produk Lokal Dan Kelestarian Lingkungan: Desain Label Kerupuk Kembang Seru dan Revitalisasi Toga

Amelia Wijaya, Rina Holau Athina, Muhammad Akbar Sanjaya, Ade Melinda Putriana, Ari Andrean, Jihan Khoirunnisa Atikoh, Ismet Thohur Naufal Nabawi, Agis Salwa Sabilla, Yoga Yoga, Rema Lestari, Muhammad Alghiffari Ansori, Muhammad Ridho Rifanza, Putri Erlyn

Abstract


Kurangnya pemahaman pelaku UMKM akan pentingnya label kemasan produk menjadi kendala utama dan beberapa
area TOGA tampak kurang terawat, tanaman tumbuh tidak beraturan, serta pagar yang mengelilinginya mengalami
kerusakan atau kusam akibat kurangnya perawatan.. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran pemilik usaha
UMKM akan pentingnya label pada kemasan produk mereka dan mendorong partisipasi masyarakat serta kesadaran
akan manfaat TOGA bagi kesehatan dan lingkungan. Kegiatan pengabdian ini dilakukan pada saat pelaksanaan KKN
63 UMPalembang pada bulan Februari 2025 di Desa Muara Batun, Kecamatan Jejawi, Kabupaten Ogan Komering Ilir,
Sumatera Selatan. Kegiatan ini dilakukan melalui pendekatan partisipatif dan edukatif, melibatkan masyarakat desa
secara aktif dalam desain label kerupuk kembang seru dan revitalisasi TOGA. Label kemasan tidak hanya memberikan
informasi produk, tetapi juga menjadi identitas dan daya tarik bagi konsumen. Selain inovasi kemasan, label yang
dilengkapi dapat meningkatkan daya saing UMKM di berbagai segmen pasar. Pelaku UMKM juga didorong untuk
memanfaatkan teknologi e-commerce untuk memperluas jangkauan pemasaran produk mereka. Pemahaman akan
pentingnya label kemasan, menjadi modal penting bagi UMKM di Desa Muara Batun untuk berkembang dan berdaya
saing.


Keywords


produk lokal, desain label, kerupuk kembang seru, lingkungan, TOGA

Full Text:

PDF

References


Sulistyandari, Ekaningtyas Widiastuti, dan Suci Indriati. 2017. Kemasan Produk Sebagai Strategi Pemasaran Kerupuk Rambak “Mirasa” Di Desa Dukuhturi, Kec. Bumiayu, Kab. Brebes. Jurnal Adimas.

http://litabmas.umpo.ac.id/index.php/adimas/article/view/597

Sakti, Mutia dkk. 2015. Perlindungan Konsumen Terhadap Beredarnya Makanan yang Tidak Bersertifikat Halal. Jurnal Yuridis Vol 2 No 1 https://ejournal.upnvj.ac.id/Yuridis/article/view/161

Resti, N. C., & Ilmiyah, N. F. (2023). Strategi Peningkatan Penjualan melalui Desain Label Kemasan dan Banner pada UMKM Surya Makmur. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 812-817.

https://journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/article/view/14637

Prasetya, A. J., Laksono, Y. T., & Hidayat, W. (2020). Pengabdian kepada masyarakat (PKM) pengembangan marketing website dan desain kemasan pada UKM Bumi Cipta Sejahtera Surabaya. JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(01), 92-98. https://www.academia.edu/download/68539384/2607.pdf

Arseto, D. D., Mardayanti, I., Haratikka, H., Gunawan, D., Khairunnizar, M. A., Arfah, Y., ... & Sarwoto, S. (2024). Pendampingan Pengemasan dan Pemberian Label Merek pada UMKM Gula Merah di Desa Paya Lombang. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 288-294.

http://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/bernas/article/view/7446

Perwitasari, D. A. (2021). Branding produk label kamasan sebagai upaya pengembangan daya tarik pemasaran pada Umkm Rengginang di Kelurahan Pakistaji Wonoasih Kota Probolinggo. Jurnal Abdi Panca Marga, 2(1), 34-38. https://ejournal.upm.ac.id/index.php/abdipancamarga/article/view/741

Widiati, A. (2019). Peranan kemasan (packaging) dalam meningkatkan pemasaran produk usaha mikro kecil menengah (umkm) di “mas pack” terminal kemasan Pontianak. Jurnal Audit dan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura, 8(2), 67-76. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jaakfe/article/download/40670/75676585897/1000

Khusna, S. W., Fisabilillah, F. A. N., Iskandar, M., Falakh, S. I., Andianto, A., & Nurfuadi, N. (2023). Peningkatan nilai jual produk melalui labeling kemasan pada produk UMKM Desa Lenggerong. Kampelmas, 2(1), 293-303.

https://proceedings.uinsaizu.ac.id/index.php/kampelmas/article/download/653/581 Pramita, A., Somantri, O., Prasadi, O., Rahayu, T. E. P. S., Triwuri, N. A., & Fadlilah, I. (2022).

Peningkatan Pemahaman Mengenai Desain Label dan Kemasan Pada Produk Oleh-Oleh di Desa Widarapayung Wetan Kabupaten Cilacap. HIKMAYO: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT AMAYO, 1(2), 80-93.

https://jurnal.amayogyakarta.ac.id/index.php/HIKMAYO/article/view/77

Satriadi, I., Surahmat, S., Kesuma, F. P., Rahman, A., & Natawijaya, K. (2024). Pelatihan desain grafis untuk kemasan produk dan label pada ukm dapur ummi kyana palembang. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 3(1), 56-60. https://syadani.onlinelibrary.id/index.php/JS/article/view/173


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email: lppmumpalembang@gmail.com