Inovasi Pemasaran Tas Rajut: Meningkatkan Daya Saing UMKM Putri Rajut Serdang Menang
Abstract
Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan oleh KKN Angkatan 63 Kelompok 47 di Desa Serdang Menang bertujuan
untuk meningkatkan keterampilan merajut dan pemasaran digital bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)
melalui pelatihan dan pendampingan. Metode yang digunakan meliputi analisis situasi, pelatihan keterampilan merajut,
dan penerapan strategi pemasaran digital. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas produk
yang dihasilkan dan pendapatan UMKM dengan memanfaatkan teknologi digital dalam pemasaran. Dengan mendorong
inovasi dalam strategi pemasaran, diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan ekonomi masyarakat
di Desa Serdang Menang. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan keterampilan teknis masyarakat dalam pembuatan
tas rajut, serta kemampuan dalam memanfaatkan media sosial dan platform e-commerce untuk memperluas jangkauan
pasar. Selain itu, peserta belajar pentingnya branding yang kuat dan pelayanan pelanggan yang responsif, yang
berkontribusi pada peningkatan interaksi dengan konsumen. Meskipun terdapat variasi dalam pemahaman teknologi di
antara peserta, kegiatan ini berhasil memberikan dampak positif terhadap daya saing produk lokal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalijah, E., Andari, N., & Narastri, M. (2021). Peningkatan Produktivitas Kearifan Lokal Kerajinan
Tangan Tas Rajut Sebagai Bentuk Identitas Bangsa. PLAKAT (Pelayanan Kepada
Masyarakat), 3(2), 194. https://www.academia.edu/download/78486381/pdf.pdf
Bahtiar, E., Kurniawan, D., Wulandari, S. W., & Widiarti, W. (2014). Tas Rajut Sebagai Sarana
Bisnis dan Kreativitas Mahasiswa. In Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional Program
Kreativitas Mahasiswa-Kewirausahaan 2014. Indonesian Ministry of Research, Technology
and Higher Education. https://www.neliti.com/publications/170098/tas-rajut-sebagai-sarana-
bisnis-dan-kreativitas-mahasiswa
Dewantari, A. Z., Alvianto, R., Putri, C. P., Puspasari, M. D., Setiawati, P. M., & Arum, D. P. (2022).
Rebranding Produk Tas Rajut Terhadap UMKM Azza Rajut. Communnity Development
Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 723-727.
http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/4651
Ermayda, R. Z., Nanda, H. I., & Narullia, D. (2019). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran
Produk PKK. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, 3(2), 80-84.
https://ejurnal.umri.ac.id/index.php/PengabdianUMRI/article/view/1506
Hafizin, M., Letasado, M. R., Wildasari, N., & Apriliana, Z. (2023). Pelatihan Pembuatan Tas Rajut
Dari Benang Wol Di Dusun Kampung Baru Desa Labuhan Lombok. Jurnal Citra Kuliah
Kerja Nyata, 1(3), 67-75.
https://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jckkn/article/view/3154
Hidayanti, A. A., Mandalika, E. N. D., Narastri, M., Septiadi, D., Nursan, M., Fadli, & Wardah, S.
(2021). Peningkatan Produktivitas Kearifan Lokal Kerajinan Tangan Tas Rajut Sebagai
Bentuk Identitas Bangsa. Jurnal Plakat: Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat, 3(2), 80-90.
Hidayanti, A. A., Mandalika, E. N. D., Setiawan, R. N. S., Septiadi, D., Nursan, M., & Wardah, S.
(2022). Sosialisasi Pembuatan Laporan Keuangan Sederhana Serta Pemasaran Produk
Kerajinan di Desa Dasan Tapen Kecamatan Gerung Lombok Barat. Jurnal Aplikasi dan
Inovasi Iptek, 4(1), 34-39.
https://jasintek.denpasarinstitute.com/index.php/jasintek/article/view/97
. Masiah, M., & Adawiyah, S. R. (2021). Pelatihan Kerajinan Tas Rajut Bagi Remaja Putri Di Desa
Mambalan. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 3(2), 199-202.
https://journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/article/view/2199
Miko, S., & Yani, A. (2022). Pelatihan Keterampilan Pembuatan Tas Tali Kur Sebagai Upaya
Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Keaksaraan Usaha Mandiri. Jurnal AKRAB, 13(2),
-114.
https://scholar.archive.org/work/o6z7sdusqfeejk3gyvgynd5xk4/access/wayback/https://jurna
lakrab.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalakrab/article/download/431/272
Rahayu, R. (2024). Implementasi Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Daya Saing Produk Tas
Rajut Kaboki (Studi Kasus Pada Wisata Tas Rajut Kaboki Cabang Sukorejo Kabupaten
Pasuruan). Universitas Islam Malang.
https://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10235
Sumarni, T., Harto, B., Vandayani, P., Juliawati, P., & Noviana, A. (2024). Pendampingan Digital
Marketing sebagai Katalis Transformasi Digital Melalui Integrasi E-Commerce dan Media
Sosial Untuk UMKM Tas Rajut Ibu Iyat dan Basreng Mang Oman. Jurnal Pengabdian
Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan, 4(5).
https://jurnal.penerbitwidina.com/index.php/JPMWidina/article/view/834
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Palembang.
Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia
Email: lppmumpalembang@gmail.com