Inovasi Pemasaran Tas Rajut: Meningkatkan Daya Saing UMKM Putri Rajut Serdang Menang

Nagisya Fryda Azzahra, Mesya Dwi Anjani, Calya Devika Shahnaz, Naura Nurul Izzati, Riski Hania, Muhammad Sabil Hasri Dwitama, Muahmmad Aldi Rizky, Muhammad Reiki Dwi Febrian, Nur Irfansyah, Alan Tariska Putra, Putri Al Fianah, Muhammad Sandi Aldo, Muhammad Tas`an, Darmayanti Darmayanti

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan oleh KKN Angkatan 63 Kelompok 47 di Desa Serdang Menang bertujuan
untuk meningkatkan keterampilan merajut dan pemasaran digital bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)
melalui pelatihan dan pendampingan. Metode yang digunakan meliputi analisis situasi, pelatihan keterampilan merajut,
dan penerapan strategi pemasaran digital. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas produk
yang dihasilkan dan pendapatan UMKM dengan memanfaatkan teknologi digital dalam pemasaran. Dengan mendorong
inovasi dalam strategi pemasaran, diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan ekonomi masyarakat
di Desa Serdang Menang. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan keterampilan teknis masyarakat dalam pembuatan
tas rajut, serta kemampuan dalam memanfaatkan media sosial dan platform e-commerce untuk memperluas jangkauan
pasar. Selain itu, peserta belajar pentingnya branding yang kuat dan pelayanan pelanggan yang responsif, yang
berkontribusi pada peningkatan interaksi dengan konsumen. Meskipun terdapat variasi dalam pemahaman teknologi di
antara peserta, kegiatan ini berhasil memberikan dampak positif terhadap daya saing produk lokal.


Keywords


UMKM, Pemasaran Digital, Keterampilan Merajut, Branding, E-Commerce, Interaksi Konsumen, Pelatihan

Full Text:

PDF

References


Amalijah, E., Andari, N., & Narastri, M. (2021). Peningkatan Produktivitas Kearifan Lokal Kerajinan

Tangan Tas Rajut Sebagai Bentuk Identitas Bangsa. PLAKAT (Pelayanan Kepada

Masyarakat), 3(2), 194. https://www.academia.edu/download/78486381/pdf.pdf

Bahtiar, E., Kurniawan, D., Wulandari, S. W., & Widiarti, W. (2014). Tas Rajut Sebagai Sarana

Bisnis dan Kreativitas Mahasiswa. In Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional Program

Kreativitas Mahasiswa-Kewirausahaan 2014. Indonesian Ministry of Research, Technology

and Higher Education. https://www.neliti.com/publications/170098/tas-rajut-sebagai-sarana-

bisnis-dan-kreativitas-mahasiswa

Dewantari, A. Z., Alvianto, R., Putri, C. P., Puspasari, M. D., Setiawati, P. M., & Arum, D. P. (2022).

Rebranding Produk Tas Rajut Terhadap UMKM Azza Rajut. Communnity Development

Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 723-727.

http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/4651

Ermayda, R. Z., Nanda, H. I., & Narullia, D. (2019). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran

Produk PKK. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, 3(2), 80-84.

https://ejurnal.umri.ac.id/index.php/PengabdianUMRI/article/view/1506

Hafizin, M., Letasado, M. R., Wildasari, N., & Apriliana, Z. (2023). Pelatihan Pembuatan Tas Rajut

Dari Benang Wol Di Dusun Kampung Baru Desa Labuhan Lombok. Jurnal Citra Kuliah

Kerja Nyata, 1(3), 67-75.

https://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jckkn/article/view/3154

Hidayanti, A. A., Mandalika, E. N. D., Narastri, M., Septiadi, D., Nursan, M., Fadli, & Wardah, S.

(2021). Peningkatan Produktivitas Kearifan Lokal Kerajinan Tangan Tas Rajut Sebagai

Bentuk Identitas Bangsa. Jurnal Plakat: Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat, 3(2), 80-90.

Hidayanti, A. A., Mandalika, E. N. D., Setiawan, R. N. S., Septiadi, D., Nursan, M., & Wardah, S.

(2022). Sosialisasi Pembuatan Laporan Keuangan Sederhana Serta Pemasaran Produk

Kerajinan di Desa Dasan Tapen Kecamatan Gerung Lombok Barat. Jurnal Aplikasi dan

Inovasi Iptek, 4(1), 34-39.

https://jasintek.denpasarinstitute.com/index.php/jasintek/article/view/97

. Masiah, M., & Adawiyah, S. R. (2021). Pelatihan Kerajinan Tas Rajut Bagi Remaja Putri Di Desa

Mambalan. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 3(2), 199-202.

https://journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/article/view/2199

Miko, S., & Yani, A. (2022). Pelatihan Keterampilan Pembuatan Tas Tali Kur Sebagai Upaya

Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Keaksaraan Usaha Mandiri. Jurnal AKRAB, 13(2),

-114.

https://scholar.archive.org/work/o6z7sdusqfeejk3gyvgynd5xk4/access/wayback/https://jurna

lakrab.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalakrab/article/download/431/272

Rahayu, R. (2024). Implementasi Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Daya Saing Produk Tas

Rajut Kaboki (Studi Kasus Pada Wisata Tas Rajut Kaboki Cabang Sukorejo Kabupaten

Pasuruan). Universitas Islam Malang.

https://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10235

Sumarni, T., Harto, B., Vandayani, P., Juliawati, P., & Noviana, A. (2024). Pendampingan Digital

Marketing sebagai Katalis Transformasi Digital Melalui Integrasi E-Commerce dan Media

Sosial Untuk UMKM Tas Rajut Ibu Iyat dan Basreng Mang Oman. Jurnal Pengabdian

Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan, 4(5).

https://jurnal.penerbitwidina.com/index.php/JPMWidina/article/view/834


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email: lppmumpalembang@gmail.com