Pemasaran Digital dan Branding Untuk Umkm Kelempang Dari Ikan Sawah Di Desa Rengas Pitu Kecamatan Sirah Pulau Padang Kabupaten Ogan Komering Ilir

Adelia Fahira, Noverlyn Puteri Heryan, Darma Yanti, Elsyafira Widina Az-Zahra, Mila Lestriani, Rindy Annisa Hairudin, Ananda Sari, Imam Triarya Putra, Jalil Wijaya, Naufal Atiyah, Bimo Raufurahman, Muhamad Danu Prasetiyo, Wahyu Hanif Fadhli, Aulia Putri Abillah

Abstract


Kelempang merupakan produk olahan ikan yang memiliki potensi pasar yang luas, namun pemasarannya masih terbatas pada wilayah lokal. Dalam penelitian ini, akan dibahas penerapan pemasaran digital untuk memperkenalkan dan memasarkan produk kelempang secara lebih luas, baik di tingkat nasional maupun internasional. Melalui penggunaan media sosial, e-commerce, dan strategi pemasaran online lainnya, UMKM di Desa Rengas Pitu diharapkan dapat meningkatkan visibilitas produk, menjangkau konsumen lebih luas, dan meningkatkan pendapatan. Penelitian ini juga mengevaluasi potensi tantangan yang dihadapi oleh para pelaku UMKM dalam mengadopsi pemasaran digital serta memberikan rekomendasi untuk pengembangan pemasaran yang lebih efektif dan efisien. Diharapkan, pemanfaatan pemasaran digital dapat menjadi solusi yang tepat untuk meningkatkan keberlanjutan usaha dan kesejahteraan masyarakat di desa tersebut.

Kata Kunci : Pemasaran Digital; Branding ; Kelempang Ikan


Keywords


Kelempang, Ikan Sungai, dan Digitalisasi

Full Text:

PDF

References


Ainun, N., Maming, R., & Wahida, A. (2023). Pentingnya Peran Logo Dalam Membangun Branding Pada Umkm. Jesya, 6(1), 674–681. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.967

Diondi Nugroho, Enna Marliana, Friza Pertiwi, & Nanda Dewi Anggraeni. (2022). Strategi Pemasaran Ekspor Pada Umkm Kerupuk Tiga Warna Dalam Memasuki Pasar Global. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Dan Ekonomi, 1(2), 87–101. https://doi.org/10.59024/semnas.v1i2.8

Kelvin, B., Widianto, & Giansyah, R. (2023). Anfatama: Jurnal Pengabdian Masyarakat e-ISSN 2963-7155.

Nafsiyah, I., Diachanty, S., Ratna Sari, S., Ria Rizki, R., Lestari, S., & Syukerti, N. (2022). Profil Hedonik Kemplang Panggang Khas Palembang Hedonic Profile of Palembang’S Kemplang Panggang. Jurnal Ilmu Perikanan Air Tawar (Clarias), 3(1), 2774–244.

Septiani, N., & Helfi, Y. (2023). Implikasi Media Sosial dalam Strategi Digital Marketing Modern. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(4), 3393–3399.

Sulaksono, J. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.29407/gj.v4i1.13906

Wijoyo, H. (2020). DIGITAL ECONOMY DAN UMKM. In Digitalisasi Umkm. https://repository.unja.ac.id/48024/1/DIGITALISASI_UMKM %281%29.pdf#page=64


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email: lppmumpalembang@gmail.com