PENYULUHAN DAN PENGOLAHAN IKAN LELE MENJADI ABON LELE

Idealistuti Idealistuti, Ade Vera Yani, Dasir Dasir, Suyatno Suyatno, Nur Izzatul Maghfiroh

Abstract


Ikan lele merupakan sumber zat gizi protein hewani, yang bisa dimanfaatkan menjadi berbagai macam pangan olahan. Abon merupakan jenis lauk pauk kering berbentuk khas dengan bahan baku utama berupa daging atau ikan. Salah satu bahan baku abon adalah ikan lele. Kelurahan Plaju Darat Kecamatan Plaju Kota Palembang merupakan Kelurahan dimana masyarakatnya banyak berternak ikan lele, tetapi pemanfaatan ikan lele belum maksimal. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan potensi dan diversifikasi pangan olahan dari ikan lele. Pengabdian dilakukan dengan metode penyuluhan dan praktik pengolahan pembuatan abon lele. Peserta pengabdian bersemangat dan antusias dalam mengikuti kegiatan ini dari awal hingga selesai. Hasil pengabdian ini diharapkan meningkatan pengetahuan masyarakat dalam pengolahan ikan lele menjadi abon lele dan menambah penghasilan keluarga.


Keywords


Penyuluhan, Pengolahan, Abon Lele

Full Text:

PDF

References


Adebayo I.A., Fapohunda, O.O., dan Ajibade, A.O., (2016). Evaluation of nutritional quality of clarias gariepinus from selected fish farms in Nigeria, America. Journal Food Scientiest Nutrition Research. 3(4): 56–62.

Aditya HP, Herpandi, Lestari S. (2016). Karakteristik fisik, kimia dan sensoris abon ikan dari berbagai ikan ekonomis rendah. FishtecH-Jurnal Teknologi Hasil Perikanan. 5(1): 61-72.

Aliyah, R. (2015). Strategi Pengembangan Usaha Pengolahan Abon Ikan (Studi Kasus Rumah Abon Di Kota Bandung), Jurnal Perikanan Kelautan. 6(2):

-84.

Fachruddin, L. (1997). Membuat Aneka Abon. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Huthaimah, Yusriana, Martunis. (2017). Pengaruh jenis ikan dan metode pembuatan abon ikan terhadap karakteristik mutu dan tingkat penerimaan konsumen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian Unsyiah. 2(3): 244-254.

Karyono dan Wachid. (1982). Petunjuk Praktek Penanganan dan Pengolahan Ikan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

Wijaya, O., Rahardja, B.S dan Prayogo. (2014). The Effect of Stocking Density on

Survival Rate and Grow Rate of Aquaponic System. Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan, 6 (1), 55-58.




DOI: https://doi.org/10.32502/se.v1i1.7293

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by: