PENERAPAN TERAPI BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN KOGNITIF ANAK

Rina Mariyana, Imelda Rahmayunia Kartika, Fitrianola Rezkiki, Cory Febrina

Abstract


Abstract

 

Permaianan tradisonal dapat meningkatakan kemampuan kognitif anak metode yang di gunakan dengan mengadakan terapi bermai tradisional yaitu dengan nyanyian : hai hai anak pintardimana didapatkan hasil 47,1 % anak mengalami peningkatan kemampuan secara kognitif, dimana anak  dapat mengenal temannya . permainan tradisional anak dilakukan dengan melihat bagaimana kemampuan anak secara kognitif dalam : berjalan seimbang menuju temannya, meraba anggota tubuh temannya, mengenai tangan teman, mengenai bagian muka serta rambut teman, Sentuhan (memegang tangan, menyentuh bahu), terakhir anak menebaik nama teman nya apa sesuai dengan rabaan nya atau tidak. Dapat disimpulkan peramainan tradisional dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak

i


Keywords


Cognitive behavior, Traditional Game, Children

Full Text:

PDF

References


DAFTAR REFERENSI

Danielle Laviero, L., Schiff, W. B., & Morales, M. (2022). PLAY THERAPY VIA TELEHEALTH 1 Integration of Play Therapy Via Telehealth: A Systematic Literature Review.

Ki, R., Chung, K., Ceballos, P. L., & Member, C. (2023). Child-Centered Play Therapy and Emotional and Behavioral Problems of Children on the Autism Spectrum.

Lim, H. S. (2023). The effect of traditional play on the emotional intelligence, social ability, and self-esteem of children in Korean child welfare centers: A mixed-methods study. International Journal of Emotional Education, 15(1), 152–159. https://doi.org/10.56300/KPHF2682

Lyu, J., Yang, H., & Christie, S. (2023). Mommy, Can I Play Outside? How Urban Design Influences Parental Attitudes on Play. International Journal of Environmental Research and Public Health, 20(6). https://doi.org/10.3390/ijerph20064909

Starke, K. (2023). “Can I Play with the Toys Now?”: An Exploration of Preschool Storytelling Structure in Wordless Picturebook and Guided Play Contexts to Inform Teacher Training and Toy Development.




DOI: https://doi.org/10.32502/se.v1i1.7306

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by: