PELATIHAN PRODUKSI RANUP HIAS (HANTARAN PERNIKAHAN) YANG BERNILAI JUAL SEBAGAI PRODUK KREATIVITAS SISWA MELALUI INTEGRASI PERWUJUDAN PELAKSANAAN PROJECT PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI MTSN 6 PIDIE

Nurlisma Nurlisma Nurlisma

Abstract


ABSTRAK

Pengabdian ini bertemakan “Pelatihan produksi ranup hias (hantaran pernikahan) yang bernilai jual sebagai produk kreativitas siswa melalui integrasi perwujudan pelaksanaan project penguatan profil pelajar pancasila ( P5) di MTsN 6 Pidie. Permasalahan yang dirumuskan yaitu apa yang harus dilakukan untuk menumbuhkan, mengembangkan dan meningkatkan kreativitas siswa di MTsN 6 Pidie, cara siswa mengembangkan kreativitas dengan perwujudan pelaksanaan project penguatan profil pelajar pancasila (P5) serta hubungan kreativitas siswa dalam merangkai dan menghias sirih (ranup hias) dengan perwujudan pelaksanaan project penguatan profil pelajar pancasila ( P5) di MTsN 6 Pidie. Terdapat dua tujuan pengabdian ini dilakukan yaitu tujuan umum dan khusus, tujuan umum adalah untuk memenuhi syarat tri darma perguruan tinggi: pendidikan, penelitian dan pengabdian dosen STIT AL-Hilal Sigli. Sedangkan tujuan khususnya adalah untuk dapat menumbuhkan, mengembangkan dan meningkatkan kreativitas siswa di MTsN 6 Pidie, melatih dan membimbing siswa mengembangkan kreativitas dengan perwujudan pelaksanaan project penguatan profil pelajar pancasila ( P5), melalui kegiatan menghias sirih (ranup hias) sebagai hantaran pernikahan, mensinergikan hubungan kreativitas siswa dalam merangkai dan menghias sirih (ranup hias) dengan perwujudan pelaksanaan project penguatan profil pelajar pancasila ( P5) di MTsN 6 Pidie. Metode pelaksanaan pengabdian ini menggunakan metode project basic learning, ekspositori, demonstrasi, praktikum, dan media video tutorial serta media gambar (foto). Sasaran kegiatan pelatihan ini yaitu dua puluh (20) orang siswa MTsN 6 Pidie yang dibagikan menjadi 4 (empat) kelompok. Hasil kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa tingkat antusias para siswa MTsN 6 Pidie dalam menerima pengalaman belajar baru dengan mengasah, mengembangkan kreativitas, dan mempraktikkan melalui karya seni atau kerajinan tangan menyusun sirih hias sangat tinggi. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelatihan produksi ranup hias (hantaran pernikahan) yang bernilai jual sebagai produk kreativitas siswa melalui integrasi perwujudan pelaksanaan project penguatan profil pelajar pancasila ( P5) di MTsN 6 Pidie ialah sangat tepat sebagai salah satu kegiatan yang dapat berfungsi sebagai sumber pengalaman kewirausahaan dengan melestarikan adat istiadat (kearifan lokal) dalam masyarakat.

Kata Kunci: Pelatihan, Produksi Ranup Hias, P5

 


Full Text:

PDF

References


Abdul Rahman Ghozali. 2008. Fiqh Munakahat, Jakarta : Kencana.

Aripin. 2009. Step by Step Membuat Video Tutorial Menggunakan Camtasia Studio, Bandung: Oase Media.

Dasim dkk. 2009. PAKEM Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan, Jakarta : Genesindo.

Martinis Yamin. 2009. Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta : Gaung Persada Press.

Martinis Yamin. 2009. Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta: Gaung Persada Press.

Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka KMA No. 347 Th. 2022

R. Angkowo. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran, Jakarta: Gramedia.

Ramayulis. 2008. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta; Kalam Mulia.

Ratumanan&Imas Rosmiati. 2019. Perencanaan Pembelajaran, Depok : Rajawali Pers.

Utami Mundandar. 2012. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah, Jakarta : Gramedia Widisarana Indonesia.

Yeni Rachmawati dan Euis Kurniati. 2005. Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak-kanak,Jakarta: Depdikbud.




DOI: https://doi.org/10.32502/se.v1i1.7337

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by: