PELATIHAN KHITOBAH BAHASA ARAB DI PESANTREN TAHFIDZ TAKHASSUSS DAARUL QUR’AN PALEMBANG

Eka Lutfiyatun, Depi Kurniati

Abstract


Peran para santri dalam pendidikan Islam di Indonesia sangat vital. Generasi santri muda dipersiapkan untuk membumikan nilai-nilai agama Islam, salah satunya melalui dakwah. Di era society 5.0, penyebaran agama Islam dapat dilakukan dengan penyampaian pesan multibahasa. Salah satu bahasa yang dekat dengan kehidupan santri dan merupakan bahasa agama adalah Bahasa Arab. Santri juga perlu dilatih untuk dapat mengkomunikasikan gagasan yang ada di dalam pikirannya dengan Bahasa Arab. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah melatih khitobah Bahasa Arab para santri. Metode pengabdian masyarakat yang dilakukan adalah service learning dengan menerapkan keilmuan dalam bidang khitobah Bahasa Arab pada pelatihan di komunitas. Pelatihan dimulai dengan pemaparan materi tentang khitobah, praktik penyusunan naskah khitobah, demostrasi khitobah, dan evaluasi. Hasil akhirnya adalah setelah pelatihan, para santri dapat mengkomunikasikan gagasannya dalam bentuk khitobah Bahasa Arab dengan kategori baik.


Keywords


Khitobah; Bahasa Arab; Santri

Full Text:

PDF

References


Afandi, A. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat. Kementerian Agama RI.

Arifin, Z., Desrani, A., Wardana Ritonga, A., & Ibrahim, F. M. A. (2023). An innovation in planning management for learning Arabic at Islamic boarding schools. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1). https://doi.org/10.31538/ndh.v8i1.3237

Desrani, A., Hasanah, F., & Arifa, Z. (2021). Takht?t barn?mij al-lughah al-‘Arabiyyah f? ‘im?rah al-lughah bi ma’had Salafiyyah Sy?fi’iyyah Situbondo. Ta’lim Al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 5(1). https://doi.org/10.15575/jpba.v5i1.12337

Jannah, R., Jasad, U., & Aisyah, S. (2021). Program tamrinul khitobah terhadap santri pondok pesantren An-Nuriyah Bontocini kabupaten Jeneponto. Washiyah: Jurnal Kajian Dakwah Dan Komunikasi, 2(2). https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/washiyah/article/view/19801

Junaris, I. (2023). Membangun budaya literasi bagi santri di pondok pesantren Sirojut Tholibin Plosokandang Tulungagung. Faedah : Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(1). https://doi.org/10.59024/faedah.v1i1.45

Ma’ruf, M. A., & Purwanto, P. (2021). Pendampingan dalam meningkatkan kemampuan public speaking santri di pondok pesantren Mamba’ul Huda Kaliabu. Khidmatan, 1(1). https://doi.org/10.61136/khid.v1i1.3

Maskud, M. (2020). Model Arabic language teaching for Islamic senior high schools. Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning, 4(1). https://doi.org/10.18860/ijazarabi.v4i1.10915

Putra, S. (2020). Khitobah Arobiyah. Kun Fayakun.

Rifauddin, M., Ariyanti, N. N., & Pratama, B. A. (2020). Pembinaan literasi di pondok pesantren sebagai bekal santri hidup bermasyarakat. Info Bibliotheca: Jurnal Perpustakaan Dan Ilmu Informasi, 1(2). https://doi.org/10.24036/ib.v1i2.73

Rohelah, S. (2021). Hubungan kegiatan latihan khitobah dan keterampilan berbicara bahasa arab. Dirosat : Journal of Islamic Studies, 5(2). https://doi.org/10.28944/dirosat.v5i2.505

Syaifulloh, A., & Nabil, M. (2021). Internalisasi nilai-nilai religius kepada peserta melalui kegiatan ekstrakurikuler khitobah di SMK PGRI Kuwu kecamatan Kradenan. Jurnal Studi Islam Dan Sosial. http://repository.radenintan.ac.id/10387/

Wahidah, Y., & Fatikhun, M. (2022). Pembangunan keahlian public speaking melalui kegiatan khitobah di pondok pesantren Asaasunnajah Kesugihan Cilacap. Jurnal Ilmiah Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 6(2). https://jurnal.unugha.ac.id/index.php/hjh/article/view/494/282

Winata, M. A., Shodiqin, A., & Yaya, Y. (2020). Model komunikasi rohani Islam di rohis baitul ilmi SMKN 1 Cikampek. Tabligh: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 3(3). https://doi.org/10.15575/tabligh.v3i3.1075

Zahri, A., & Farhan, F. (2023). Pelaksanaan kegiatan khitobah malam selasa dalam meningkatkan keterampilan public speaking santri nurul jadid paiton Probolinggo. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 11(2). https://doi.org/10.37081/ed.v11i2.3368




DOI: https://doi.org/10.32502/se.v1i1.7357

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by: