TATA KELOLA DAN STRATEGI PEMASARAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) KERUPUK DESA JEJAWI OKI SUMATERA SELATAN

Gumar Herudiansyah, Abid Djazuli, Fatimah Fatimah, Gusmiatun Gusmiatun, Yudha Mahrom DS, Helwan Kasra, Ahmad Ghiffari, Sulton Nawawi, Yulian Syahri, Bora Alviolesa, Agung Kurniawan, Wiranto Wiranto

Abstract


Usaha mikro kerupuk Ibu Dahlia membutuhkan dukungan untuk mendapatkan produk kerupuk yang berkualitas baik, sehat dan laku dipasarkan. Beberapa masalah produksi dan manajemen menjadi kendala untuk mencapai tujuan diantaranya adalah pengeringan dimusim hujan, kurangnya pemahaman akan proses produksi pangan yang baik, pengemasan, pemanfaatan teknologi informasi, pembukuan dan legalitas izin usaha. Untuk mengatasi persoalan-persoalan tersebut dilakukan pendampingan dan pelatihan secara bertahap yang meliputi bidang aspek manajemen pemasaran, administrasi keuangan, manajemen mutu dan keuangan. Dari kegiatan pendampingan dan pelatihan ini, mampu melaksanakan fungsional manajemen yang lebih terstruktur dan baik meliputi pengelolaan keuangan, tata kelola sumber daya manusia, manajemen produksi, serta manajemen pemasaran yang lebih optimal bagi usaha mereka. Diharapkan dengan adanya perbaikan di sisi manajemen tata kelola dan pemasaran akan berdampak pada peningkatan produksi dan penjualan yang berujung kepada peningkatan kesejahteraan pelaku usaha rengginang.

Keywords


Pendampingan, Tata Kelola, UMKM

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Chandra dan Dadang Hermawan. (2013) E-BUSINESS & E- COMMERCE. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Gumar Herudiansyah, Y. S. (2021). Pedampingan Manajemen Tata Kelola Bumdes Dan Umkm Di Desa Payo Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat. 3 (2). 113-118.

Gunawan Chakti, Andi. 2019. DIGITAL MARKETING. Makassar. Celebes Media Perkasa.

R. Pradika dan D. Kristiastuti, “MANAJEMEN USAHA RUMAH TANGGA KERUPUK IKAN DAN RENGGINANG PARA MASYARAKAT DI DESA PABEYAN KECAMATAN TAMBAKBOYO KABUPATEN TUBAN,” Boga, pp. 85-90, 2016.

Kotler,Philip dan Gary Armstrong. 2012. PRINSIP-PRINSIP PEMASARAN. Edisi13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Imelda dan S. Rini, “PENINGKATAN KUALITAS PRODUK, PERLUASAN PANGSA PASAR DAN PERBAIKAN MANAJEMEN USAHA PADA HOME INDUSTRY RENGGINANG,” UDAYANA MENGABDI, pp. 98-105, 2016.

M. Candra dan G. Herudiansyah, “Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Total Pembiayaan Perbankan Syariah Yang Dimediasi Oleh Variabel Aset,” Inspirasi Bisnis dan Manajemen, pp. 117-128, 2018. N.

N. Wijayanti, Titik. 2012. Perkembangan Usaha Kecil dan Menengah. Jakarta. Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.32502/se.v1i1.7784

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by: