Analisis Atrofi Otot Akibat Bedrest Lama pada Pasien Stroke di RSUD Palembang Bari

R.A Tanzila, Irfannuddin Irfannuddin

Abstract


Penyakit stroke telah menjadi masalah kesehatan yang selain menyebabkan kematian juga merupakan penyebab utama kecacatan dan penyebab seseorang dirawat di rumah sakit dalam waktu lama. Keadaan imobilisasi pasca stroke dapat menyebabkan atrofi otot. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan bedrest lama pada pasien stroke dengan atrofi otot di RSUD Palembang BARI. Jenis penelitian ini adalah penelitian observasional analitik potong lintang. Penelitian ini dilakukan di RSUD Palembang BARI. Pengambilan data dilakukan dengan metode total sampling dengan jumlah sampel sebesar 9 pasien. Data lingkar paha pasien diambil dengan menggunakan meteran elastis satuan cm dan diikuti selama kurang lebih 2 minggu. Data dianalisa dengan menggunakan uji t berpasangan. Hasil uji t berpasangan mendapatkan nilai p 0,13 untuk perbandingan pengukuran hari ke-1 dan hari ke-4 sehingga disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara lingkar paha hari ke-1 dan hari ke-4. Pengukuran hari ke-1 dan hari ke-8 mendapatkan nilai p 0,01 dan untuk perbandingan pengukuran hari ke-1 dan hari ke-12 mendapatkan nilai p 0,001, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara lingkar paha hari ke-1 dan hari ke-8 serta lingkar paha hari ke-1 dan hari ke-12. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan terdapat hubungan antara bedsrest lama pada pasien stroke dengan atrofi otot.

Keywords


stroke, atrofi otot, bedrest lama

Full Text:

PDF

References


Thomas, Truelsen. Stephen, Begg. Colin, Mathers. 2006. The Global Burden of Cerebrovascular Disease. (http:www.who.int. diakses tanggal 22 September 2013).

Riset Kesehatan Dasar, Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2007. Diunduh tanggal 21 September 2013.

Wolf PA, Cobb JL, D’Agostino RB.1992. Epidemiology of Stroke Pathophysiology, Diagnosis, and Management. diakses tanggal 21 September 2013.

Hamid, T. 1992. Ilmu Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi (Physiatry). Unit Rehabilitasi Medik RSUD DR. Soetomo / FK. UNAIR. Surabaya.

Prasetyo, yudik. 2007. terapi latihan pada keadaan immobilisasi yang lama. 6. Guyton, Arthur C. 2007. Buku Ajar Fisiologi Kedokteran. Ed.11. Jakarta : EGC.

Robbins. 2007. Buku Ajar Patologi Robbins. Ed.7. Vol.2. Jakarta : EGC.

Aru W. Sudoyo et al. 2009. Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam, Interna Publishing, Edisi V Jilid I. Jakarta : EGC. Hal. 860 - 861, 893.




DOI: https://doi.org/10.32502/sm.v6i1.1379

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 R.A Tanzila, Irfannuddin Irfannuddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

   

Statistic counter 

sinta4