Kenaikan Berat Badan Balita Usia 6-12 Bulan Berdasarkan Jenis Makanan Pendamping Air Susu Ibu

Liza Chairani

Abstract


Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MP-ASI) adalah makanan yang mengandung zat gizi, diberikan kepada bayi atau anak usia 6 – 24 bulan yang berguna untuk memenuhi kebutuhan gizi selain dari ASI. Jenis MP-ASI berdasarkan pengolahannya dibagi menjadi MP-ASI buatan sendiri, MP-ASI pabrikan, dan MP-ASI campuran. Penerapan basic feeding rules, dalam hal ini pemilihan MP ASI akan mempengaruhi laju pertumbuhan berat badan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kenaikan berat badan bayi berdasarkan jenis MP ASI yang dikonsumsi. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan November 2015 di Puskesmas Pembina, Palembang dengan jumlah responden sebanyak 46 ibu yang memiliki balita berusia 6-12 bulan. Penelitian ini merupakan penelitian survei deskriptif menggunakan metode pengambilan sampel purposive dengan besar sampel 46 ibu yang memiliki balita berusia 6-12 bulan. Peningkatan berat badan bayi dari lahir hingga sekarang berkisar antara 4,52-5,90 kilogram. Bila semua subjek digabungkan, rata-rata peningkatan berat badan bayi dari lahir hingga sekarang adalah 5,29 kilogram. Bayi yang mengonsumsi MP ASI buatan sendiri sebesar 23,91%, yang mengonsumsi MP ASI pabrikan sebesar 32,61%, dan yang mengonsumsi MP ASI campuran sebesar 43,48%. Rata-rata kenaikan berat badan bayi berdasarkan jenis MP ASI-nya berkisar di angka 5 kilogram, dengan peningkatan terbesar terjadi pada bayi yang diberi MP ASI campuran antara buatan sendiri dan buatan pabrik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa bayi mengalami peningkatan berat badan yang ideal sesuai umurnya dengan peningkatan tertinggi pada bayi yang diberi MP ASI campuran.

Keywords


MP ASI, Makanan Pendamping ASI, Berat Badan Bayi

Full Text:

PDF

References


Departemen Kesehatan RI. 2006. Pedoman Umum Pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu Lokal Tahun 2006. Jakarta.

Kementerian Kesehatan RI. 2011. Panduan Penyelenggaraan PMT Pemulihan Bagi Balita Kurang. Jakarta. 3. Fein SB, Grummer-Strawn LM, dan Raju TNK. 2008. Selected Complementary Feeding Practices and Their Association with Maternal Education Pediatrics. 122.

Laksmi PK. 2013. Status Gizi Anak Usia 6 – 24 Bulan yang Mengkonsumsi MP-ASI Buatan Sendiri, Pabrikan dan Campuran di Wilayah Kerja Puskesmas Talang Ratu Palembang. Skripsi, Jurusan Kedokteran Unsri (tidak di publikasikan).

Yusmar MP. 2015. Hubungan antara penerapan basic feeding rules dengan laju pertumbuhan berat badan pada anak. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Palembang (tidak dipublikasikan).

More, Judy. 2014. Gizi Bayi, Anak dan Remaja. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.32502/sm.v6i2.1382

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Liza Chairani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

   

Statistic counter 

sinta4