Peran Penilaian Formatif terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa, Sebuah Tinjauan Pustaka

Putri Zalika Laila Mardiah Kesuma

Abstract


Penilaian (assessment) merupakan suatu hal yang sangat penting dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Penilaian formatif dianggap sebagai salah satu dari cara yang paling kuat untuk meningkatkan     motivasi belajar mahasiswa. Penilaian formatif merupakan penilaian yang menekankan pada pemberian umpan balik (feedback) tentang kinerja mahasiswa dan bertujuan untuk meningkatkan dan mendorong proses pembelajaran. Umpan balik internal adalah informasi yang dihasilkan dalam diri seseorang, yang terjadi melalui proses  monitoring diri dan dapat dikembangkan melalui latihan. Umpan balik eksternal, adalah komentar yang dibuat oleh orang lain mengenai ketrampilan atau performa mahasiswa, dapat menjadi suatu proses konfirmasi   yang   baik   untuk mengatasi  ketidaksesuaian  antara  performa menurut sudut pandangnya dan yang sebenarnya terjadi. Kualitas dari suatu umpan balik adalah kunci untuk  suksesnya penilaian formatif. Penilaian formatif menambah wawasan mahasiswa tentang tingkat pengetahuan mereka sebelum menerima nilai akhir ujian dan tanpa adanya tekanan karena situasi ujian.


Keywords


penilaian formatif, kurikulum, evaluasi

References


Cauley MK, McMillan HJ. Formative assessment technique to support student motivation and achievement. The Clearing House. 2010: 1-5. http://www.greatschoolspartnership.org/wp-content/uploads/2014/01/FormativeAssessmentTechniques+Motivation.pdf

Peterson S. Improve learning through formative assessment. Office Of Health Sciences Education, Queen’s University. 2008. http://meds.queensu.ca/assets/Improve-learning-through-formative-assessment.pdf

O’Leary E. Fancy a prize? Motivating student usings competitions in formative assessment. Griffith College Dublin. http://icep.ie/wp-content/uploads/2010/01/O'Leary.pdf 4. Moss MC, Brookhart MS. Advancing formative assessment in every classroom. ASCD. 2009. http://www.ascd.org/publications/books/109031/chapters/The-Lay-of-the-Land@-Essential-Elements-of-the-Formative-Assessment-Process.aspx 5. Brookhart MS. Formative Assessment Strategies for Every Classroom. 2nd Edition. ASCD. 2010. http://www.ascd.org/publications/books/111005/chapters/Section-1@- What-Is-Formative-Assessment%C2%A2.aspx 6. Dent AJ, Harden MR. A Practical guide for medical teacher. 4th Ed. Elsevier. 2013 : 323 7. Module 15. Behavioral theory. Educational Psychology. P 266-276 8. Yin et al. On the impact of formative assessment on student motivation, achievement, and conceptual change. Routledge .Taylor & Francis Group. 2008 : 21: 335–359. http://www.henigman.com/webquest/Research/Yin%20et%20al..pdf 9. Norcini J, Burch V. Workplaced-based assessment as an educational tool : AMEE Guide no. 31. Medical teacher. 2007. Pp 855-871 10. Kusurkar RA, Croiset G, Ten cate TH. Twelve tips to stimulate instrinsic motivation in student though autonomy-supportive classroom teaching derived from Self-Determination Theory. Medical teacher. 2011. Pp 978-982 11. Sandars J. Timothy J.C. Self Regulation theory : Applications to medical education : AMEE Guide no. 58. Medical teacher. 2011. Pp 875-886 12. Nicol DJ. Formative assessment and self-regulated learning: A model and seven principles of good feedback practice. Higher Education. 2006. Vol. 31. Pp 198-218




DOI: https://doi.org/10.32502/sm.v5i1.1424

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Putri Zalika Laila M.K

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

   

Statistic counter 

sinta4