ANALISIS KOMPARASI TEMPAT TUMBUH DAN JENIS ALAT SULING TERHADAP RENDEMEN DAN MUTU MINYAK NILAM (Pogestemon cablin Benth.)

Erta Heptiana

Abstract


Minyak Nilam merupakan bahan fiksatif yang paling banyak digunakan pada industri wewangian.  Namun masih terdapat kendala dalam memproduksi minyak nilam yakni rendahnya rendemen dan mutu minyak nilam.  Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pengaruh ketinggian tempat dan jenis alat suling terhadap rendemen mutu minyak nilam.  Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dalam faktorial.  Faktor 1 adalah komparasi penanaman Nilam pada  dataran tinggi (puncak) dan dataran rendah (lembah) dan Faktor 2 adalah jenis alat suling yaitu dengan sistem kukus dan sistem uap/steam, dengan 6 kali ulangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor ketinggian tempat dan jenis alat suling berpengaruh nyata sedangkan interaksinya berpengaruh tidak nyata. Tabel Uji BNJ menunjukkan bahwa masing–masing perlakuan berbeda nyata pada tarap uji 5%, rata– rata perlakuan T? lebih baik dibandingkan rata–rata perlakuan T?, rata–rata perlakuan S? lebih baik dibandingkan S? dan kombinasi perlakuan masing-masing berbeda tidak nyata. Tanaman nilam yang tumbuh di puncak yang terkena sinar matahari langsung dengan menggunakan sistem penyulingan uap (T?S?) memberikan rendemen terbaik. Berdasarkan hasil analisis mutu minyak Nilam terlihat perlakuan T?S? (tempat tumbuh di puncak terkena sinar matahari dan menggunakan alat suling sistem kukus) telah memberikan nilai putaran optik dan kelarutan dalam alkohol yang paling baik dibandingkan perlakuan lainnya.


Keywords


minyak nilam; alat suling; tempat tumbuh; steam; kukus

Full Text:

PDF

References


Adharini, W.A. 2009. Budidaya dan Penyulingan Tanaman Nilam Aceh (Pogostemon cablin Benth). Tidak Dipublik. Tugas Akhir. Fakultas Pertanian. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Anonim, 2013. Budidaya Tanaman Nilam.Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur Pengembangan Sarana dan Prasarana Pembangunan Perkebunan.

Durahman, D., Tarno, H., Rahardjo, T., B. 2014 Eksplorasi Nematoda Parasit Tumbuhan Pada Tanaman Nilam(Pogostemon cablin Benth) Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar. Program Studi Agroekoteknologi, Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan. Fakultas Pertanian Universtas Brawijaya.

Hernani dan Risfaheri, 1989. Pengaruh Perlakuan Bahan Sebelum Penyulingan Terhadap Rendemen dan Karateristik Minyak Nilam. Pemberitaan Penelitian Tanaman Industri Vol. XV (2): 84 – 86.

Krismawati A. 2005. Nilam dan Potensi Pengembangannya Kalteng Jadikan Komoditas Rintisan. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kalimantan Tengah (Dimuat pada Tabloid Sinar Tani).

Lakitan, B. 2001. Intensitas Cahaya Terhadap Pertumbuhan tanaman Nilam (Pogostemon Cablin Benth).

Lakitan B. 2013. Dasar-Dasar Fisiologin Tumbuhan. Ed. 1,-12.- Jakarta; Rajawali

Nasrun dan Nuryani, Y . 2007. Penyakit Layu Bakteri Pada Nilam dan Strategi Pengendaliannya. Jurnal Litbang Pertanian, 26(1).

Rohaeti, N. G. Pamungkas, Irzaman. 2010. Kajian Efisiensi Energi Proses Penyulingan dan Sifat Fisik Hasil Penyulingan Minyak Serai Dapur Menggunakan Tungku Sekam dan Heating Mante. Departemen Kimia, FMIPA IPB. Kampus Dramaga, Gedung Wing S Bogor, Indonesia-16680 Departemen Fisika, FMIPA IPB, Kampus Dramaga, Gedung Wing S Bogor, Indonesia. Vol 13. , No.2, hal C13-C20.

Sahwalita dan Herdiana, N., 2015. Panduan Budidaya Tanaman Nilam dan Produksi Minyak Atsiri Kelompok Citra Lestari Desa Napallicin Kecamatan Ulu Rawas Musi Rawas Utara. Diterbitkan di Palembang.

Setya N. H., Budiarti A. dan Mahfud. 2012. Proses Pengambilan Minyak Atsiri Dari Daun Nilam Dengan Pemanfaatan Gelombang Mikro (Microwave). JURNAL TEKNIK POM ITS Vol. 1, No. 1, (2012) 1-5Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Sepuluh

Zuliansyah, H, Susilo, B, HS, Sumardi. 2013. Uji Performa Penyulingan Tanaman Nilam (Pogostemon cablin,benth) Menggunakan Boiler di Kabupaten Blitar Jurusan Keteknikan Pertanian – Fakultas Teknologi Pertanian – Universitas Brawijaya Vol. 1




DOI: https://doi.org/10.32502/sylva.v8i2.2695

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

      

  

Contact Person:
Sasua Hustati, M.Si
Jurnal Sylva: Ilmu-ilmu Kehutanan
Forestry Program Study, Faculty of Agriculture, Universitas Muhamamdiyah Palembang
JL. Jend.A.Yani 13 Ulu Palembang, South Sumatra, Indonesia
Tel. (+62)711-511731; Email: jurnalsylvaump@gmail.com; Website: https://jurnal.um-palembang.ac.id/sylva

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License