KAJIAN BEBERAPA SIFAT KIMIA TANAH PADA TANAH SAWAH DI BERBAGAI LOKASI DI KOTA PALEMBANG

Sasua Hustati Syachroni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji beberapa sifat kimia tanah pada tanah sawah di berbagai lokasi di Kota Palembang.  Metode penelitian menggunakan metode survei.  Penelitian dilakukan di 10 Kecamatan di Kota Palembang yang memiliki petak sawah, pengambilan contoh tanah secara komposit pada 5 titik pengamatan di petak sawah pada kedalam 0-20 cm, kemudian dilakukan analisis di Laboratorium kimia, biologi dan kesuburan tanah UNSRI.  Dari hasil analisis yang telah dilakukan, diperoleh data sifat kimia tanah yaitu pH tanah, bahan organic, dan kapasistas tukar kation (KTK). Dari penelitian ini didapatkan hasil kandungan pH dalam tanah sawah di Kota Palembang tergolong dalam golongan masam - sangat masam , dimana nilai pH tanah pada lokasi penelitian paling tinggi ditemukan pada daerah Plaju yaitu 4,61, sedangkkan daerah Seberang Ulu I yaitu 3,69. Secara umum dengan tingkat kemasaman tersebut lokasi penelitian mempunyai tingkat kesuburan yang relatif rendah sehingga ketersediaan unsure hara bagi tanaman tergolong rendah.. kandungan bahan organik termasuk dalam golongan rendah – sedang. Kandungan  bahan organik  tertinggi ditemukan didaerah Ilir Barat II yaitu 4,54 %,  sedangkan   kandungan bahan Organik terendah ditemukan pada daerah Gandus yaitu 1,97 %. Bahan organik berkaitan erat dengan besarnya kandungan karbon organik di dalam tanah. Sedangkan  nilai kapasitas tukar kation (KTK) pada lokasi penelitian tergolong tinggi dengan kisaran nilai  25 – 40 me/g. Kapasitas tukar kation adalah jumlah kation yang dijerap dan dipertukarkan oleh tanah dan dinyatakan dalam satuan cmol(+)/kg. selain liat bahan organik merupakan   material yang dapat menyumbang KTK tanah, karena muatan negatif dari bahan organik dapat menarik kation yang bermuatan positif.


Keywords


sifat kimia tanah; tanah sawah

Full Text:

PDF

References


Atmojo, S.W. 2003. Peranan Bahan Organik Terhadap Kesuburan Tanah dan Upaya Pengelolaannya. Pidato Pengukuhan Guru Besar Ilmu Kesuburan Tanah. Fakultas Pertanian. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Budianta, D. 1999. Reclamation of an ultisol from south sumatera using Mucuna L. and lime. Desertasi. Gent university

Damanik, M.M.B., Bachtiar E.H., Fauzi, Syarifudin, Dan Hamidah H. 2011. Kesuburaan Tanah Dan Pemupukan. Cetakan Kedua. Universitas Sumatera Utara (Usu Press), Medan.

Foth, H. D. and Ellis, B. G. 1988. Soil Fertility. Jhon Wiley and Son. New York.

Hanafiah. 2008. Dasar-dasar Ilmu Tanah. Raja Grafindo Persada, Jakarta.360 hal.

Hardjowigeno. S Dan L. Rayes. 2005. Tanah Sawah. Bayumedia. Malang.

Lahuddin. 2007. Aspek Unsur Mikro dalam Kesuburan Tamah. Dept. Ilmu Tanah Faperta USU Laegreid M, Bockman OL, Kaarstad O. 1999. Agriculture, Fertilizer and the Environment. Norway: Cabi.

Pockne, S and Malcolm E Sumner. 1997. Cation and nitrogen content of organic matter determine its soil liming potential. Soil sci.soc.am.j.61:86-92

Pusat Penelitian Tanah dan Agroklimat. 2000. Atlas Sumberdaya Tanah Eksplorasi Indonesia, Skala 1 : 1.000.000. Pusat Penelitian Tanah dan Agroklimat. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Bogor.

PPT. 1995. Kombinasi Beberapa Sifat Kimia Tanah dan Status Kesuburannya. Bogor

Rahim, S.E. 2001. Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan. Fakultas Pertanian Unsri. Indralaya

Rao, N.S.S. 1994. Mikroorganisme tanah dan Pertumbuhan tanaman (TNH). Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Schwarz. A., W. Wilcke, J. Styk, and W. Zech. 1999. Heavy metal telease in batch pHstat experiment. Soil sci. soc. Am. J. 63: 290-296

Stevenson, FJ. 1982. Humus chemistry: genesis,composition and reaction. John wiley and sons Ltd. New York

USDA. 1998. Keys to Soil Taxonomy. Eight ed. USDA. Kunci Taxonomi Tanah. Penerjemah Puslittanak. Bogor.




DOI: https://doi.org/10.32502/sylva.v8i2.2697

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

      

  

Contact Person:
Sasua Hustati, M.Si
Jurnal Sylva: Ilmu-ilmu Kehutanan
Forestry Program Study, Faculty of Agriculture, Universitas Muhamamdiyah Palembang
JL. Jend.A.Yani 13 Ulu Palembang, South Sumatra, Indonesia
Tel. (+62)711-511731; Email: jurnalsylvaump@gmail.com; Website: https://jurnal.um-palembang.ac.id/sylva

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License