ASPEK HUKUM PERJANJIAN DALAM PEMBERIAN KREDIT PADA BANK SUMSEL BABEL CABANG PLAJU PALEMBANG (Studi Kasus pada Kredit Macet)

. Sundari

Abstract


Penelitian ini adalah jenis penelitian normatif dan empiris dengan pendekatan perundang-undangan, konsep dan sosiologis. Tujuannya untuk menganalisis aspek hukum perjanjian dalam pemberian kredit. Dalam hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan pemberian kredit Bank Sumsel Babel Cabang Plaju Palembang dapat melalui beberapa tahapan yaitu tahap permohonan kredit, tahap analis kredit / tahap pemeriksaan, tahap pemberian putusan kredit dan tahap pencairan kredit.
Simpulannya adalah permasalahan hukum yang timbul dari pemberian kredit tersebut karna adanya kredit macet serta ketidakseimbangan antara hak dan kewajiban antara pihak kreditur dengan pihak debitur. Adapun upaya yang dilakukan oleh kreditur dengan melakukan penagihan, restrukturisasi, pengalihan debitur, hapus buku kredit macet dan lain-lain. Saran yang diberikan yaitu proses pemberian kredit di Bank Sumsel Babel Cabang Plaju Palembang sebaiknya perlu mengkaji ulang penilaian aspek character dalam tahap peninjauan dan analis kredit.

Keywords


Perjanjian Kredit, Kredit Macet

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32502/jvh.v28i34.943

Refbacks

  • There are currently no refbacks.