ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEAKTIFAN PARTISIPASI PETANI SAWIT DALAM KUD MUKTI JAYA DI KECAMATAN SUNGAI LILIN MUSI BAYUASIN

Rahmat Kurniawan

Abstract


                                                                              ABSTRAK      

 

      Tujuan penelitian ini adalah menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat keaktifan partisipasi petani sawit dalam KUD Mukti Jaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus. Populasi pada penelitian ini adalah petani sawit anggota KUD Mukti Jaya yang terdiri dari petani yang aktif perpartisipasi dalam KUD dan petani yang tidak aktif perpartisipasi dalam KUD. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2010 sampai dengan November 2010. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja pengurus KUD dan tingkat pendidikan berpengaruh nyata terhadap tingkat keaktifan partisipasi petani dalam KUD Mukti Jaya. Sedangkan pendapatan usahatani sawit dan umur anggota tidak berpengaruh nyata terhadap tingkat keaktifan partisipasi petani.


Keywords


Tingkat Keaktifan Partisipasi

Full Text:

PDF

References


Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Selatan. 2007. Laporan Tahunan Pelaksanaan Program Pembangunan Perkebunan. Palembang.

Hendar dan Kusnadi. 2005. Ekonomi Koperasi. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta.

Steel, Robert dan James. 1995. Prinsip dan Prosedur Statistika Suatu Pendekatan Biometrik. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License

Societa: Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis by jurnal.um-palembang.ac.id/societa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.