PrODUKTIVITAS DAN KELAYAKAN EKONOMIS USAHATANI SEMANGKA PADA LAHAN TIPE C RAWA PASANG SURUT MUSIM KEMARAU DI DESA TELANG KECAMATAN MUARA TELANG KABUPATEN BANYUASIN

Rafeah Abubakar

Abstract


ABSTRAK

 

Produktivitas dan Kelayakan Ekonomis Usahatani Semangka pada Lahan Tipe C Rawa Pasang Surut Musim Kemarau Di Desa Telang Kecamatan Muara Telang Kabupaten Banyuasin. Penelitian bertujuan untuk menghitung besarnya produktivitas dan untuk mempelajari apakah secara ekonomis usahatani semangka layak untuk diusahakan dilahan pasang surut tipe C pada musim kemarau. Metode Penelitian menggunakan metode survei. Metode Pengumpulan Data menggunakan metode observasi dan wawancara. Metode Penarikan contoh dilakukan dengan metode sensus dengan jumlah sampel sebanyak 15 orang petani. Metode pengolahan dan analisis data menggunakan cara tabulasi dan dilanjutkan dengan menghitung produktivitas serta menghitung kelayakan ekonomis dari usahatani semangka.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa produktivitas lahan usahatani semangka adalah sebesar 12.996,2 kg per hektar sedangkan produktivitas modal sebesar 0,002 kg per rupiah.  Nilai BEP penerimaan sebesar 28.645,32,BEP produksi sebesar 28.645,32,BEP harga sebesar 527,943 Serta nilai R/C sebesar 2,062.  Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan lahan rawa pasang surut tipe C pada musim kemarau  untuk usahatani semangka  Layak untuk dilakukan karena sangat membantu menambah pendapatan petani yang umumnya hanya melakukan kegiatan usahatani padi sebagai mata pencaharian pokok.

Keywords


Produktivitas dan Kelayakan usahatni semangka di rawa pasang surut tipe C pada musim kemarau

Full Text:

PDF

References


Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumatera Selatan. 2006. Laporan Tahunan 2005. Palembang.

Husodo. 2004. Pemasaran Produk Pertanian. USU Pres. Medan,

Hernanto, F. 1979. Ilmu Usahatani. Penebar Swadaya, Jakarta.

Kalie, M. B. 1996. Bertanam Semangka. Penerbit Swadaya Jakarta. Jakarta

Nazir, M. 1999. Metode Penelitian. Ghalia, Indonesia

Mangkuprawira, S dan A.V. Hubeis. 2007. Kriteria Penilaian Produktivitas dan Mutu (on line)

Singarimbun, M. dan Effendi, S. 1990. Metode Penelitian survey. LP3ES. Jakarta.

Suratiah, K.2009. Ilmu Usahatani. Penebar Swadaya. Jakarta.

www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/13/04/22/mln1pl-ini-dia-manfaat-bua


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License

Societa: Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis by jurnal.um-palembang.ac.id/societa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.