Strategi Meningkatkan Sikap Toleransi melalui Model Sejarah Keberagaman Pemukiman Etnis di Palembang
Abstract
Artikel ini mengkaji proses penerapan pembelajaran sejarah dan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran sejarah melalui model keberagaman pemukiman etnis di Palembang untuk meningkatkan Sikap Toleransi Siswa. Palembang merupakan kota yang multikultural yang mempunyai ragam etnis. Budaya Lokal berperang penting dalam ilmu pengetahuan. Implikasi dalam pembelajaran model ini menggunakan Pembelajaran kooperatif Problem Based Learning (PBL) dan Value Clarification Technique (VCT). Keberagaman pemukiman etnis merupakan peninggalan masa Kesultanan Palembang yaitu Kampung Arab, Kampung Melayu, dan Kampung Cina. Nilai keberagaman pemukiman etnis menyangkut religius, menghargai perbedaan toleransi, dan ketulusan. Hasil Penelitian membuktikan adanya perubahan baik yang terjadi dalam meningkatkan sikap toleransi peserta didik dan meningkatkan efektifitas belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akib, M. (1975). Sejarah dan Kebudayaan Palembang: Rumah Adat Limas. Palembang: Universitas Sriwijaya.
Aman. (2011). Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak
Babenko, O., Larionov, V., & Khanchich, O. (2016). Problem-based learning for technical students on the base TRIZ (theory of inventive problem solving). In SHS WEB of conferences (Vol. 29, p. 02001). EDP Sciences.
Borg & Gall. (1991). Educational Research: An introduction (5th.ed). New York: Longman
Hasbullah. (2006). Dasar-dasar ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Hanafiah, Djohan. (1998). Sejarah Perkembangan Kotamadya Daerah Tingkat II Palembang, Pemerintah Kotamadya Daerah Tingkat II Palembang.
Mestika Zed. (2003). Kepialangan Politik dan Revolusi Palembang 1900-1950. Jakarta:LP3ES.
Muhson, A. (2009). Peningkatan minat belajar dan pemahaman mahasiswa melalui penerapan problem-based learning. Jurnal Kependidikan, 39(2).
Sanjaya, Wina. (2011). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Sevenhoven, J.I. Van. (2015). Lukisan Tentang Ibu Kota Palembang. Yogyakarta : Penerbit Ombak
Sugiyanto. (2009). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Panitia sertikasi Rayon 13 FKIP UNS.
Supriyanto. (2013). Pelayaran dan Perdaganan di Pelabuhan Palembang 1824-1864. Yogyakarta: Penerbit Ombak
Syarifuddin. (2013). Sosiologi Nusantara: Memahami Sosiologi Integralistik. Jakarta: Kencana
Sunarto. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
Taniredja,T. Dkk. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.
Taufik, Amir. (2010). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning.Jakarta. Prenada Media Group
DOI: https://doi.org/10.32502/jdh.v2i1.4786
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Danadyaksa Historica
Indexed by :