Kemajuan Islam Masa Khalifah Abu Bakar Ash Shiddiq Sebagai Khalifah Pertama

Tiara Novita Sari, Yudi Pratama

Abstract


Artikel ini membahas mengenai khalifah Abu Bakar ash shiddiq sebagai khalifa pertama umat islam setelah meninggalnya Nabi Muhammad SAW. Sebelum dipimpin khalifa umat islam di pimpin seorang Rasullulah utusan allah yang bernama Nabi Muhammad SAW. Sebelum nabi lahir di arab memiliki kepercayaan yang beraneka ragam dan bisa di katakan Jaman Jahiliah. setelah nabi muhammad lahir baru kehidupan pendudukan arab mulai berubah sesuai ajaran al-quran. Setelah wafatnya nabi muhammad baru di sebut masa kepemimpinan periode Khulafa ar Rasyidun, dimana khalifa pertama bernama Abu Bakar Ash Shiddiq yang lahir pada 573 M dan meninggal pada 23 Jumadil Akhir 13H/634M. belia merupakan sahabat nabi, selama masa kepemimpinannya banyak orang arab kembali ke agama sebelumnya (murtad) serta banyak yang mengaku sebagai nabi, tidak membayar zakat. khalifah Abu Bakar Ash Shiddiq bermusyawarah dengan para pemimpin Muhajirin dan Ansar tentang keberangkatan mereka ke utara. Pada masa Abu Bakar Ash Shiddiq juga pendidikan sangat diperhatikan. Artikel ini menggunkan metode penelitian sejarah (historis) untuk mencari, mengumpulkan, membuktikan, menafsirkan, serta menyajikan hasil rekonstruksi imajinatif masa lampau sesuai dengan jejak- jejaknya.


Keywords


Nabi Muhammad SAW; Khalifah; Abu bakar Ash Shiddiq.

Full Text:

PDF

References


Camelia, Nova., dkk. (2021). Islam, “Sejarah Kebudayaan islam.” AKADEMIA.

Dahri, Muhammad Rabiul. (2022). “Sejarah Akuntansi Syari'ah.” Sekolah Tinggi Ekonomi Islam STEI SEBI.

H, Muh, Dahlan. (2017). “Kontribusi Abu Bakar Terhadap Perkembangan Islam.” Jurnal Rihlah, 5(2).

Hedriani, E. (2016). Metode Sejarah Dalam Penelitian Tari. Jurnal Seni Makalangan, 3(2), 33–45.

Huda, Fadilatul, Yuliharti Y, and Yanti Y. (2021). “Pemikiran Pendidikan Islam Pada Masa Nabi & Khulafaurrasyidin. ”Kutubkhanah 20(2):137.

Husen, Muhammad Haikal. (2017). Biografi Abu Bakar Ash-Shiddiq Khalifah Pertama Yang Menunjukan Arah Perjalanan Umat Islam Setelah Peninggalan Nabi Muhammad. Jakarta Timur: Pustaka Mantiq.

Ilyas, Rahmat. (2016). “Manusia Sebagai Khalifah Dalam Persfektif Islam.” Mawa’Izh: Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan 7 (1): 169–95.




DOI: https://doi.org/10.32502/jdh.v2i2.5671

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Danadyaksa Historica

 Indexed by :