MANAJEMEN ORGANISASI EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 1 INDRALAYA
Abstract
Metode penelitian yang digunakan dalam tulisan ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif menggunakan data bersumber dari fenomena dan keadaan sebenarnya yang ada di sekolah untuk kemudian dideskriptifkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara lebih mendalam gambaran manajemen organisasi ekstrakurikuler yang ada di SMA Negeri 1 Indralaya. Ada banyak hal yang akan didapat seorang peserta didik ketika menempuh pendidikan di jenjang sekolah, tidak hanya meningkatkan daya kognitifnya saja melainkan sekolah juga memberi ruang untuk peserta didiknya bebas mengekspresikan pribadi serta melatih kemampuan keterampilan dan skill yang ada. Terdapat banyak ekstrakulikuler di SMA Negeri 1 Indralaya, seperti Rohis, Jurnalistik, PKS, Paduan Suara, PIK-R (Pusat Informasi dan Konseling Remaja), English Club, Basket, Futsal, Voly, Marching Band, Pilar, MPK (Majelis Perwakilan Kelas), OSIS, Pramuka, PMR, Mathematics Student Club, Pencak Silat, Green Generation, KIR (Karya Ilmiah Remaja), dan Seni Tari.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ameraldo, F., Aguss, R. M., & Rahmawati, A. (2022). Pelatihan Peningkatan Kapasitas Manajemen Olahraga SMAN 1 Rajabasa Lampung Selatan. 3(2), 306–310.
Arifudin, O. (2022). Optimalisasi Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Membina Karakter Peserta Didik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 829–837. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.492
Cahyo, S. D., Husni Wahyudin, & Riris Setyo Sundari. (2022). Analisis Fungsi Ekstrakurikuler Seni Tari di Sekolah Dasar Negeri Pandeanlamper 01 Semarang. Wawasan Pendidikan, 2(2), 640–650.
Dahaluddin, D., Rakib, M., & Apriyanti, E. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler pada Siswa SMK Negeri 1 Pangkep. Jurnal Education and Development, 10(1), 129–135.
Djamaluddin, A. (2014). Filsafat Pendidikan. Istiqra’, 1(2), 129–135.
Lestari, R. Y. (2016). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Mengembangkan Watak Kewarganegaraan Peserta Didik. Untirta Civic Education Journal, 1(2), 136–152. https://doi.org/10.30870/ucej.v1i2.1887
Maisaro, A., Wiyono, B. B., & Arifin, I. (2018). Manajemen Program Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(3), 302–312. https://doi.org/10.17977/um027v1i32018p302
Minsih, M., Rusnilawati, R., & Mujahid, I. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Membangun Sekolah Berkualitas Di Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 6(1), 29–40. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.8467
Nurcahyo, F. (2013). Pengelolaan dan Pengembangan Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga di SMA/MAN/Sederajat se-Kabupaten Sleman. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 9(2), 101–110.
Subarkah, R., R, B., Rahayu, S., & A, Y. I. (2013). Pengelolaan Kegiatan Ekstrakurikuler di SD Muhammadiyah Kaliabu Kecamatan Salaman. MESITER: Jurnal Manajemen Bisnis Dan Terapan, 1(1), 52–63.
Taufik, R. (2015). Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Berbasis Pengembangan Karakter Siswa. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Program Pascasarjana, 9(4), 494–504.
Trianingsih, R. (2016). Pengantar Praktik Mendidik Anak Usia Sekolah Dasar. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(2), 197–211. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i2.880
Wandi, S., Nurhasono, T., & Raharjo, A. (2013). Pembinaan Prestasi Ekstrakurikuler Olahraga Di Sma Karangturi Kota Semarang. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 2(8), 524–535.
Yuliani, W. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling. Quanta, 2(2), 83–91. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497
DOI: https://doi.org/10.32502/jdh.v3i1.5935
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Danadyaksa Historica
Indexed by :