Analisis Pendidikan di India dan Perbandingannya dengan Pendidikan Indonesia

Khaeruddin Khaeruddin

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pustaka yang bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pendidikan di India dan perbandingannya dengan pendidikan di Indonesia mulai dari pendidikan karakter usia dini di mana Lembaga Pendidikan dasar bertanggung jawab mengembangkan dan melaksanakan pendidikan karakter bangsa dalam rangka memajukan keberadaban bangsa, dan menghasilkan manusia yang berkualitas dalam seluruh dimensi kepribadiannya. Meskipun secara umum kurikulum pendidikan di setiap Negara memiliki persamaan akan tetapi secara spesifik setiap Negara memiliki keunikan yang berbeda antara pendidikan satu Negara dengan Negara yang lainnya begitupun perbandingan pendidikan Indonesia dan India. Dalam artikel ini juga membahas tentang manakah pendidikan yang lebih maju antara pendidikan di India atau di Indonesia serta bagaimana metode yang di gunakan oleh Negara tersebut sehingga dapat dikatakan sebagai Negara yang memiliki pendidikan yang cukup bagus sehingga itu dapat menjadi pembelajaran bagi Negara lain untuk pendidikan kedepannya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian adalah Pendidikan sekolah di India telah mengembangkan nilai-nilai dasar dan masyarakat yang berlandaskan pengetahuan agama nilai pendidikan, dan pendidikan tentang agama tidak membentuk subyek studi atau ujian yang terpisah, melainkan terintegrasi secara bijaksana. Semua mata pelajaran di bidang skolastik serta semua kegiatan dan program di bidang skolastik sehingga tujuan pendidikan nilai dan agama akan secara langsung dan tidak langsung tercapai di ruang kelas. Sedangkan pendidkan di Indonesia berlandaskan pada agama tetapi pada ideologi bangsa yaitu Pancasila. Sehingga dalam implementasi pendidikan maka nilai pancasila harus tergandung di dalamnya. Namun, nilai-nilai agama juga tetap terkandung dalam pendidikan.


Keywords


pendidikan; kurikulum; Indonesia; India

Full Text:

PDF

References


Aimah, S. (2019). Kurikulum Pendidikan Tinggi Empat Negara Indonesia, India, Irak Dan Turki.

Azis, R. (n.d.). Implementasi Pengembangan Kurikulum. UIN Alauddin Makassar.

Daga, A. T. (2020). Perbandingan Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum Sekolah Dasar Di Malaysia, India Dan Indonesia. Universitas Pendidikan Indoensia.

Ghafar, M. N. A. (2004). Dinamika Sistem Pendidikan Tinggi. Penerbit UTM.

Imam Machali. (2017). Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Mustari, M., & Rahman, T. (2014). Manajemen Pendidikan. Raja Grafika Persada.

Permana, A. (2019). 7 Kutipan Inspiratif Pandji Pragiwaksono Yang Bikin Kamu Semangat Lagi. IDN TIMES. https://www.idntimes.com/life/inspiration/afif-permana-aztamurri/7-kutipan-motivatif-dan-inspiratif-komika-pandji-pragiwaksono-c1c2

Putrawan, I. M. (2009). Berkacalah Pada Sistem pendidikan di India dan Jepang. Okezone. https://news.okezone.com/read/2009/05/19/58/221133/berkacalah-pada-sistem-pendidikan-india-dan-jepang

Ramadhani, M. A. (2014). Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Universitas Garut.

Salsabila, F. (2013). Relevansi Kurikulum Jurusan Kurikulum Dan Teknologi Pendidikan Dengan Dunia Kerja. Universitas Negeri Semarang.

Santoso Handoko. (2017). Pendidikan Karakter Untuk Menyiapkan Generasi Indonesia Berkemajuan. Universitas Muhammadiyah Metro.

Saubani, A. (2019). Peringkat Pendidikan Indonesia: Betah di Papan bawah. Republika. https://republika.co.id/berita/q213qi409/peringkat-pendidikan-indonesia-betah-di-papan-bawah

Fortuner Id.Sejarah, W. (2019, November 13). Bagaimana Sistem pendidikan di India? Apa Sama Seperti di Indonesia? https://fortuner.id/bagaimana-sistem-pendidikan-di-india/.

Setiawan, A. (2018). Analisis Pendidikan Islam Di India Dan Perbandingannya Dengan Pendidikan Di Indonesia. IAIN Samarinda.

Subastian, B. (2020). Indografis: Sekolahku Kekurangan Guru. CNN INDONESIA. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200214133617-23-474628/infografis-sekolahku-kekurangan-guru.

Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter? Universitas Negeri Yogyakarta.

Tanaka, A. (2018). Kajian Komparatif Historikal Sistem Pendidikan Indonesia, Amerika, dan India serta Implikasinya bagi Kemajuan Pendidikan di Indonesia Konteks Kekinian. Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Mawaddah Warrahmah Kolaka.

CNN INDONESIA. Target Pendidikan Indonesia 2035 Jauh di Bawah Rata-rata OECD. (2020). https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200508172350-20-501459/target-pendidikan-indonesia-2035-jauh-di-bawah-rata-rata-oecd.

Tetikay, R. (n.d.). Perbandingan Sistem Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Indonesia Dengan India. http://journal-ms.net/index.php/jms/article/view/105/96.

Wijaya, E. W. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global. Universitas Negeri Malang.

Winarno. (2006). Dimensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. Universitas Negeri Malang.

Wirianto, D. (2014). Perspektif Historis Transformasi Kurikulum di Indonesia. UIN Ar-Raniry.

Yuliawan, D. (2016). Pembentukan Karakter Anak Dengan Jiwa Sportif Melalui Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Universitas Nusantara PGRI Kediri.




DOI: https://doi.org/10.32502/jdh.v3i2.5987

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Danadyaksa Historica

 Indexed by :