PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SEJARAH LOKAL DI KELAS VIII DI SMP NEGERI 34 PALEMBANG
Abstract
Pelajaran Sejarah adalah pelajaran dan materi pelajaran yang seringkali kurang diminati siswa
serta dianggap kurang penting bagi kehidupan. Padahal pelajaran dan materi sejarah sangatlah
penting jika kita dapat mengetahui manfaat mempelajari dan mengambil intisarinya. Untuk
mengatasi hal tersebut, pelajaran dan materi sejarah dapat dibuat dengan lebih menarik dengan
menggunakan media pembelajaran visual berbasis canva. Penelitian yang dilakukan di SMP
Negeri 34 Palembang menunjukkan keefektifan media pembelajaran berbasi canva dalam materi
sejarah lokal. Setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran
berbasis canva¸tingkat pemahaman peserta didik mengenai materi sejarah lokal meningkat
hingga 82,4%. Media pembelajaran berbasis canva dapat dijadikan pendidik sebagai salah satu
cara meningkatkan hasil belajar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
KBBI. (t.thn.). Pembelajaran. Diambil
kembali dari https://kbbi.web.id/ajar
Larasati, A. (2022, September 7). Apa
Itu Canva dan Bagaimana Cara
Menggunakannya? Indonesia.
Diambil kembali dari
https://www.gamelab.id/news/1824-
apa-itu-canva-dan-bagaimana-cara-
menggunakannya
Rahmawati, P. (2019). Pengembangan
Picture Storybook Masa Penjajahan
Portugis di Indonesia guna
Meningkatkan Pemahaman Konsep
Sejarah dan Semangat Kebangsaan
Siswa Kelas V Sekolah Dasar.
Yogyakarta: Skripsi S2 Universitas
Negeri Yogyakarta.
Tati, A. D. (2016). Analisis
Kebutuhan Bahan Ajar Muatan Lokal
Sejarah dan Budaya Kabupaten Bone
di Sekolah Dasar. 73-86.
Wahyudi, M. A. (2014). UPAYA
MENINGKATKAN HASIL
BELAJAR DENGAN
MENGGUNAKAN STRATEGI
PEMBELAJARAN BERBASIS
MASALAH PADA MATERI GAYA
SISWA KELAS V MI DARUL
ULUM TAMBAK REJO WARU
SIDOARJO. Surabaya:
Undergraduate Thesis UIN Sunan
Ampel Surabaya.
Dapodikbud. (2023). (10603737)
SMP NEGERI 34 PALEMBANG.
Palembang. Diambil kembali dari
https://sekolah.data.kemdikbud.go.id/i
ndex.php/chome/profil/d0ae8947-
-e111-be32-61c033f87108
Najamuddin. (2019, Oktober 25).
REDEFENISI PEMBELAJARAN
SEJARAH MELALUI STRATEGI
BELAJAR MENGAJAR. Bandung,
Jawa Barat. Diambil kembali dari
http://sejarah.upi.edu/artikel/dosen/re
defenisi-pembelajaran-sejarah-
melalui-strategi-belajar-mengajar/
Sanjaya, W. (2008). Perencanaan dan
Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta:
Kencana
Kurniawan, G. F. (2020).
Problematika pembelajaran sejarah
dengan sistem daring. Diakronika,
(2), 76-87.
Saiman, M. (2011). Inovasi metode
pembelajaran sejarah. LENTERA
(Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Budaya,
dan Sosial), 2(04), 73-85.
DOI: https://doi.org/10.32502/jdh.v3i2.7262
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Danadyaksa Historica
Indexed by :