PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SEJARAH LOKAL DI KELAS VIII DI SMP NEGERI 34 PALEMBANG

Rizky Randika, Sani Safitri

Abstract


Pelajaran Sejarah adalah pelajaran dan materi pelajaran yang seringkali kurang diminati siswa
serta dianggap kurang penting bagi kehidupan. Padahal pelajaran dan materi sejarah sangatlah
penting jika kita dapat mengetahui manfaat mempelajari dan mengambil intisarinya. Untuk
mengatasi hal tersebut, pelajaran dan materi sejarah dapat dibuat dengan lebih menarik dengan
menggunakan media pembelajaran visual berbasis canva. Penelitian yang dilakukan di SMP
Negeri 34 Palembang menunjukkan keefektifan media pembelajaran berbasi canva dalam materi
sejarah lokal. Setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran
berbasis canva¸tingkat pemahaman peserta didik mengenai materi sejarah lokal meningkat
hingga 82,4%. Media pembelajaran berbasis canva dapat dijadikan pendidik sebagai salah satu
cara meningkatkan hasil belajar.


Keywords


Media, sejarah, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


KBBI. (t.thn.). Pembelajaran. Diambil

kembali dari https://kbbi.web.id/ajar

Larasati, A. (2022, September 7). Apa

Itu Canva dan Bagaimana Cara

Menggunakannya? Indonesia.

Diambil kembali dari

https://www.gamelab.id/news/1824-

apa-itu-canva-dan-bagaimana-cara-

menggunakannya

Rahmawati, P. (2019). Pengembangan

Picture Storybook Masa Penjajahan

Portugis di Indonesia guna

Meningkatkan Pemahaman Konsep

Sejarah dan Semangat Kebangsaan

Siswa Kelas V Sekolah Dasar.

Yogyakarta: Skripsi S2 Universitas

Negeri Yogyakarta.

Tati, A. D. (2016). Analisis

Kebutuhan Bahan Ajar Muatan Lokal

Sejarah dan Budaya Kabupaten Bone

di Sekolah Dasar. 73-86.

Wahyudi, M. A. (2014). UPAYA

MENINGKATKAN HASIL

BELAJAR DENGAN

MENGGUNAKAN STRATEGI

PEMBELAJARAN BERBASIS

MASALAH PADA MATERI GAYA

SISWA KELAS V MI DARUL

ULUM TAMBAK REJO WARU

SIDOARJO. Surabaya:

Undergraduate Thesis UIN Sunan

Ampel Surabaya.

Dapodikbud. (2023). (10603737)

SMP NEGERI 34 PALEMBANG.

Palembang. Diambil kembali dari

https://sekolah.data.kemdikbud.go.id/i

ndex.php/chome/profil/d0ae8947-

-e111-be32-61c033f87108

Najamuddin. (2019, Oktober 25).

REDEFENISI PEMBELAJARAN

SEJARAH MELALUI STRATEGI

BELAJAR MENGAJAR. Bandung,

Jawa Barat. Diambil kembali dari

http://sejarah.upi.edu/artikel/dosen/re

defenisi-pembelajaran-sejarah-

melalui-strategi-belajar-mengajar/

Sanjaya, W. (2008). Perencanaan dan

Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta:

Kencana

Kurniawan, G. F. (2020).

Problematika pembelajaran sejarah

dengan sistem daring. Diakronika,

(2), 76-87.

Saiman, M. (2011). Inovasi metode

pembelajaran sejarah. LENTERA

(Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Budaya,

dan Sosial), 2(04), 73-85.




DOI: https://doi.org/10.32502/jdh.v3i2.7262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Danadyaksa Historica

 Indexed by :