PEMANFAATAN MUSEUM NEGERI PROVINSI SUMATERA SELATAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH SEJARAH INDONESIA MASA PRA-AKSARA DAN HINDU BUDHA TAHUN 2022-2023
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anderson, Lorin W. & David R.
Krathwohl. (2010). Kerangka
Landasan Untuk Pembelajaran.
Pengajaran, dan Assesmen
Revisi Taksonomi Pendidikan
Bloom. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Anggraini, Trisseda. (2023, Juni
Kamis). Bentuk Korelasi
Museum Dengan Pendidikan
Sejarah. (Putra, Pewawancara).
Anggraini, Trisseda. (2023, Juni
Kamis). Koleksi Peninggalan
Benda Sejarah pada Masa PraAksara dan Hindu-Budha di
Museum Negeri Provinsi
Sumatera Selatan. (Putra,
Pewawancara).
Anggraini, Trisseda. (2023, Juni
Kamis). Dampak Pemanfaatan
Museum Negeri Provinsi
Sumatera Selatan sebagai
Sumber Belajar. (Putra,
Pewawancara).
Arikunto, S. (2006). Metode Penelitian
kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto. (2010). Prosedur Suatu
Penelitian Suatu pendekatan
Praktik. Jakarta: Reneka Cipta.
Apriana. (2023, Juni Senin). Bentuk
Korelasi Museum Dengan
Pendidikan Sejarah. (Putra,
Pewawancara).
Astuti, A. D., & dkk. (2020).
Pemanfaatan Museum
Ranggawarsita sebagai Sumber
Belajar Sejarah Bagi Siswa
SMA Negeri Di Kota Semarang.
Jurnal Profesi Keguruan. JPK
(1), 2020: 9-21.
Creswell, J. W. (2016). Research
Design, Pendekatan Metode
Kualitatif, Kuantitaif, dan
Campuran. 4th ed. Yogyakarta:
Pustaka Belajar.
Fatmah. (2023, Juni Selasa).
Pemanfaatan Museum sebagai
Sumber Belajar Mahasiswa
Angkatan 2022 Prodi
Pendidikan Sejarah FKIP UM
Palembang pada Mata Kuliah
Sejarah Indonesia Masa PraAksara dan Hindu Budha Pokok
Bahasan Zaman Megalitikum di
Indonesia Tahun 2022-2023.
(Putra, Pewawancara).
Hasan. (2017). Paradigma Baru Sistem
Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.
Julia, Brannen. (1997). Mixing
Methods: Qualitative and
Quantitative, Terj. Nuktah
Arfawie Kurde. Yogyakarta:
pustaka pelajar.
Meriati, Deliningtias dan Warsita.
(2015). Buku Panduan Museum
Negeri Sumatera Selatan.
Palembang: Pemerintah Provinsi
Sumatera Selatan Dinas
Kebudayaan dan Pariwisata.
Mikkelsen, Britha. (1995). Methods for
development work and Reserch:
A. Guide Practitioners Terj.
Matheos Nalle. Pustaka Obor
Indonesia.
Mursidi, Agus. (2009). Pemanfaatan
Museum Blambangan Sebagai
Sumber Belajar Sejarah Di
Kelas X SMA Negeri Kabupaten
Banyuwangi. Jurnal Paramita
Vol. 20 No. 2 - Juli 2010.
Samsudin, (2003). Mengenal Jenis
Koleksi Museum Negeri
Sumatera Selatan. Pemerintah
Provinsi Sumatera Selatan Dinas
Pendidikan Nasional Museum
Negeri Provinsi Sumatera
Selatan.
Saragih, Meryati S. (2023, Juni Selasa).
Bentuk Korelasi Museum
Dengan Pendidikan Sejarah.
(Putra, Pewawancara).
Saragih, Meryati S. (2023, Juni Selasa).
Koleksi Peninggalan Benda
Sejarah pada Masa Pra-Aksara
dan Hindu-Budha di Museum
Negeri Provinsi Sumatera
Selatan. (Putra, Pewawancara).
Saragih, Meryati S. (2023, Juni Selasa).
Dampak Pemanfaatan Museum
Negeri Provinsi Sumatera
Selatan sebagai Sumber Belajar.
(Putra, Pewawancara).
Sudjana. (2006). Metode Statiska.
Bandung: Tarsito.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian
Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif, dan R & D. Bandung:
Alfabeta.
Tamzi, M. (2023, Juni Selasa). Bentuk
Korelasi Museum Dengan
Pendidikan Sejarah. (Putra,
Pewawancara).
Tamzi, M. (2023, Juni Selasa). Koleksi
Peninggalan Benda Sejarah
pada Masa Pra-Aksara dan
Hindu-Budha di Museum Negeri
Provinsi Sumatera Selatan.
(Putra, Pewawancara).
Tamzi, M. (2023, Juni Selasa). Dampak
Pemanfaatan Museum Negeri
Provinsi Sumatera Selatan
sebagai Sumber Belajar. (Putra,
Pewawancara).
Priyadi, Sugeng. (2012). Metode
Penelitian Pendidikan Sejarah.
Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Zulbiati, dkk. (1990). Beberapa Arca
Koleksi Museum Negeri Provinsi
Sumatera Selatan Balaputra
Dewa. Departemen Pendidikan
dan Kebudayaan Direktorat
Jendral Kebudayaan Proyek
Pembinaan Permuseuman
Sumatera Selatan.
DOI: https://doi.org/10.32502/jdh.v3i2.7286
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Danadyaksa Historica
Indexed by :