Pengaruh Metode Ceramah pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X di SMK PGRI 1 Prabumulih

Citra Ayu Virginia Pama, Sani Safitri

Abstract


Pendidikan adalah kegiatan yang mengharapkan perubahan pada diri seorang peserta didik yang dilihat dan diukur kemampuannya berdasarkan hasil belajar yang ia peroleh. Untuk mendapatkan hasil belajar yang baik, maka diperlukan metode belajar yang efektif. Artikel ini akan mengemukakan pengaruh metode ceramah pada hasil belajar peserta didik. Pada penelitian ini penulis menggunakan sebagian dari seluruh jumlah populasi sampel. Variabel yang digunakan yaitu 2 variabel: Variabel X (variabel bebas) dan Variabel Y (variabel terikat). Variabel X merupakan metode ceramah yang dilihat pada hasil Pre-Test, sementara Variabel Y merupakan hasil belajar peserta didik kelas X pada mata pelajaran Sejarah Indonesia. Indikator penilaian dalam penelitian ini diambil dari hasil kuesioner yang telah peneliti sebar. Penelitian ini dilakukan di kelas X SMK PGRI 1 Prabumulih, Kelurahan Muara Dua, Kecamatan Prabumulih Timur, Kota Prabumulih, Sumatera Selatan. Maka dari penelitian ini bertujuan untuk memberi kesimpulan atau dampak dari metode ceramah terhadap hasil belajar peserta didik kelas X pada mata pelajaran Sejarah Indonesia serta variasi metode belajar yang dapat diterapkan guru untuk mendampingi metode ceramah agar lebih efektif dan menghasilkan perubahan pada diri peserta didik.


Keywords


belajar; siswa; metode; guru

Full Text:

PDF

References


Adisel, A., Saputri, I. E., Ulfah, A., Sudomo, A. H., Alamsah, S., & Ulandari, U. (2022). Pengaruh Penggunaan Metode Ceramah terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), 134- 139.

A. M, Sardiman. 2000. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali. Pers.

Amaliah R R., Fadhil A., Narulita S. (2014). Penerapan Metode Ceramah dan Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SMA Negeri 44 Jakarta. Jurnal Studi Al-Qur’an;10(2): 119-31

Creswell, J. W. (2010). Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogjakarta: PT Pustaka Pelajar

Dimyati & Mudjiono, 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Emiwati. (2012). Penerapan Metode Ceramah Dalam Memahami Pelajaran Ketenagakerjaan Di Kelas Viii Mts Hasanah Pekanbaru. Pekan Baru: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Skripsi.

Harsono B., Soesanto., Samsudi. (2009). Perbedaan Hasil Belajar Antara Metode Ceramah Konvensional dengan Ceramah Berbantuan Media Animasi aada Pembelajaran Kompetensi Perakitan dan Pemasangan Sistem Rem. J PTM; 9(2):71-9

Ikhwan, A. C. (2021). Pengaruh Metode Ceramah dan Metode Diskusi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Kelas VIII MTS Miftahul Ulum Kradinan Dolopo Madiun (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2016). Ceramah. Available from: https://kbbi.kemdikbud.go.id /entri/ceramah

Khauro, K., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2020). Pengaruh metode ceramah terhadap hasil belajar dalam pelajaran matematika kelas I SDN Telang 1. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1).

Kristianty, D. (2021). Pengaruh metode ceramah dan dialog terhadap motivasi belajar. JURNAL MADINASIKA Manajemen Pendidikan dan Keguruan, 3(1), 21-30.

Mawarni, D. (2018). Pengaruh Metode Ceramah Dan Tanya Jawab Terhadap Tingkat Partisipasi Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas X Di Man Yogyakarta 1.

Merebean, Y. R. (2013). Perbedaan Pengaruh Pembelajaran Metode Ceramah dan Metode Sumbang Saran (Brainstorming) terhadap Hasil Belajar PKn pada Siswa Kelas X di SMK Yos Sudarso Kabupaten Rembang Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013 (Doctoral dissertation, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP- UKSW).

Moedjiono, Hasibuan, 2013. Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pananrangi, A. R., & Baharuddin, B. (2022). Pengaruh Metode Ceramah Plus dan Peran Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa melalui Kualitas Proses Pembelajaran. Journal of Indonesian Scholars for Social Research, 2(2), 170-185.

Rikawati, K., & Sitinjak, D. (2020). Peningkatan keaktifan belajar siswa dengan penggunaan metode ceramah interaktif. Journal of Educational Chemistry (JEC), 2(2), 40.

Suhendro, S., Pargito, P., & Widodo, S. (2018). Pengaruh metode demonstrasi dan metode ceramah terhadap hasil belajar geografi di SMAN 3 Metro. Jurnal Penelitian Geografi (JPG), 6(3).

Susanti, E., & Yulia, F. (2022). PENGARUH METODE CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJARSISWA PADA MATA PELAJARAN SKI. Manhaji: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 08-13.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progesif. Jakarta: Bumi Aksara.

Wirabumi, R. (2020, October). Metode Pembelajaran Ceramah. In Annual Conference on Islamic Education and Thought (ACIET) (Vol. 1, No. 1, pp. 105-113).




DOI: https://doi.org/10.32502/jdh.v3i2.7338

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Danadyaksa Historica

 Indexed by :