Pembelajaran Sejarah Lokal Dalam Bingkai Multikulturalisme

Dewi Lestari, Bahri Bahri

Abstract


Pendidikan multikultural di Indonesia mengakui keberagaman budaya sekaligus memupuk rasa persatuan. Pendidikan merupakan sarana yang sangat efektif untuk menumbuhkan multikulturalisme. Pendidikan sejarah merupakan suatu konsep pendidikan yang berupaya untuk memajukan dan menumbuhkan nilai-nilai multikultural dalam masyarakat Indonesia melalui penggabungan nilai-nilai multikultural dalam pengajaran sejarah lokal, sehingga nilai multikulturalisme dapat di implementasikan pada peserta didik dari SD hingga kampus. Tujuan penelitian adalah untuk membahas pembelajaran sejarah lokal dalam bingkai multikulturalisme dengan berfokus pada penerapan nilai multikultutarisme, peran guru dalam mengimplementasi nilai multikulturalisme dan  pengintegrasian nilai multikulturalisme dalam pembelajaran sejarah lokal. Metode pada penelitian kualitatif pendekataan kepustakaan, data yang di peroleh bersumber dari buku, jurnal, artikel dan ensiklopedia. Temuan penelitian menunjukan bahwa pembelajaran sejarah lokal banyak memberikan peserta didik nilai-nilai multikulturalisme salah satunya yaitu saling berhargai satu sama lain walaupun berbeda budaya, ras dan agama.


Keywords


multikulturalisme, penerapan nilai multikulturalisme, peran guru dalam mengimplementasi nilai multikulturalisme dan pengintegrasian nilai multikulturalisme

Full Text:

PDF

References


Wahyu Adya Lestariningsih, Jayusman. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Multikultural dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Rembang Tahun Pelajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Educatio n, 6 (2), p.123-131.

Supardi. (2006). PENDIDIKAN SEJARAH LOKAL DALAM KONTEKS MULTIKULTURALISME. Cakrawala Pendidikan, Th. XXV, No. 1.

Tanti Restiasih Skober. (2023). MENINGKATKAN KESADARAN MULTIKULTURAL PADA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MELALUI SEJARAH LOKAL KOTA GARUT. Midang : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarkt. Vol.1, No. 2, 52-59.

Yusuf Perdana, Sunargono. (2019). Integrasi Sosiokultural Siswa dalam Pendidikan Multikultural Melalui Pembelajaran Sejarah. Jurnal PENDIDIKAN SEJARAH. Vol, 8. No. 2.

Desi Andriani, Agus Sastrawan Noor. PENANAMAN PENDIDIKAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI DI SMA ISLAM BAWARI PONTIANAK.

Belly Isayoga Kristyowidi, M. Pd. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran Sejarah Studi Di SMA Negeri Siwalima-Ambon.Al-Isnad: Journl of Islamic civilizationhistory and humanities. Vol. 1, No. 01 26-41.

Supardi. (2014). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM EMBELAJARAN SEJARAH LOKAL. Jrnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi Vol. 2, No. 1.

Meilatia Kartikasari, Cohyo Budi Utomo. (2018). Implementasi Pendidikan Multikultural pada Pembelajaran Sejarah Bermuatan Materi Sejarah Kontroversi di SMA Negeri 5 Semarang. Indonesian Journal of History Education, 6 (1).

Ardeti Jeni, Musa Perlu. (2016). Analisis Pendidikan Multikultural Dalam Pembelajaran Sejarah Di SMA Islam Di Ponegoro Surakarta. Jurnal Candi Vol. 13. No. 1.

Saipul Anwar. (2024). Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran Sejarah Lokal. Maharsi : Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sosiologi Vol. 6. No. 2.

Uun Lionar, Agus Mulyana. (2019). Nilai-Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran Sejarah: Identifikasi Pada Silabus. IJJS : Indonesian Journal of S0cial Science Education Vol. 1, No.1.

Ika Rahmatika Chalimi. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Multikultural Pada Mata Pelajaran Sejarah. HISTORIA : Jurnal Program Studi Pendidikan Sejatah Vol. 11 (1).

Yustina Sri Ekwandari, Yusuf Perdana. (2020). Integrasi Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran Sejarah di SMA YP UNILA. Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah, Vol. 9, No. 1.

Syarif Hidayat. (2019). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN NILAI KULTURALISME DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA. Jurnal Artefak Vol. 6, No. 2.

Agustinus Ufie. (2014). MENGINTEGRASIKAN NILAI-NILAI MULTIKULTURALISME BERBASIS KEARIFAN LOKAL SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN SEJARAH.

Ulfa Masama, Muh. Zamhari. (2016). PERAN GURU DALAM MEMBANGUN PENDIDIKAN BERKESADARAN MULTIKULTURAL DIINDONESIA. Quality, Vol. 4, No. 2.




DOI: https://doi.org/10.32502/jdh.v4i1.8142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024

 Indexed by :