Peningkatan Motivasi Sejarah dan Tradisi Lokal Melalui Studi Sejarah

Agus Susilo, Yohana Satinem, Sarkowi

Abstract


Permasalahan dalam pembelajaran Sejarah saat ini semakin kompleks. Pembelajaran Sejarah dinilai membosankan bagi peserta didik apalagi dijam-jam siang hari. Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi Guru Sejarah untuk mencari solusi dari permasalahan yang dihadapinya. Tujuan penulisan karya ilmiah ini adalah untuk meningkatkan motivasi Sejarah dan tradisi lokal melalui studi Sejarah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskripsi yang dikombinasikan dengan pendekatan kualitatif. Dalam metode deskriptif ini, peneliti berusaha untuk menelaah hasil penelitian yang telah didapatkan selama penelitian. Sumber penelitian ini adalah berupa pengamatan secara langsung dilapangan yang ditunjang dengan wawancara terbatas dengan peserta didik. Hasil kegiatan penelitian kemudian ditulis dalam kajian ilmiah yang baik. Hasil dan pembahasan adalah sistem pembelajaran Sejarah di Sekolah, yaitu dalam pembelajaran Sejarah saat ini tentunya mengikuti perkembangan kurikulum yang berlaku saat ini. Selain itu juga disesuaikan dengan perkembangan zaman yang semakin maju. Tentunya sistem pembelajaran Sejarah harus sesuai dengan tujuan nasional. Sedangkan studi Sejarah dan tradisi lokal sebagai peningkatan motivasi belajar, yaitu Guru Sejarah dapat memanfaatkan sumber Sejarah dan tradisi lokal yang berkembang di daerahnya. Kegiatan kunjungan lapangan akan menambah wawasan dan pengetahuan bagi peserta didik. Selain itu, pemanfaatan aspek digital juga membantu Guru dalam mengajar Sejarah di kelas. Simpulannya adalah menjadi Guru Sejarah harus penuh semangat dan jangan mudah putus asa. Guru Sejarah harus memanfaatkan aspek-aspek lokal yang ada disekitarnya. Selanjutnya pergunakan digitalisasi sebagai penunjang pembelajaran Sejarah di Sekolah.


Keywords


Motivasi, Sejarah, Tradisi Lokal

Full Text:

PDF

References


Abdussamad, Zuchri. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: CV. Syakir Media Press.

Abrar, A. (2017). Pembelajaran Sejarah dan Teacherpreneur. Jurnal Pembelajaran Sejarah, 4(2), 1–12. https://doi.org/10.21009/JPS.042.0

Aisyah, D., dkk. (2023). Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik Secara Sosial. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 4(2), 812–817.

Arif, Suparman, dkk. (2023). Media Pembelajaran Digital sebagai Sumber Belajar Mahasiswa Pendidikan Sejarah. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 435–446. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4685

Arikunto, Suharsimi. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arum, Lingga Sekar, dkk. (2023). Karakteristik Generasi Z dan Kesiapannya dalam Menghadapi Bonus Demografi 2030. Accounting Student Research Journal (ASRJ), 2(1), 59–72. https://doi.org/10.62108/asrj.v2i1.5812

Asih Triana. (2018). Perkembangan Tingkat Kognitif Peserta Didik di Kota Metro. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2(1), 9–17. https://doi.org/10.32502/dikbio.v2i1.909

Bahtiar, A., Nuryani, N., Mahsusi, M., & Hudaa, S. (2023). Peningkatan Mutu Guru Melalui Pendampingan Penulisan dan Publikasi Jurnal Untuk Guru-Guru MAN. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(1), 700. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i1.12615

Bungsu, S. H. ., & Jusilin, H. (2021). Cultural Value In The Making Of Brunei Ethnic Traditional Cake In Sabah. Mudra Jurnal Seni Budaya, 36(3), 326–333. https://doi.org/10.31091/mudra.v36i3.1579

Bustam. (2022). Museum: Sumber Belajar Dan Pariwisata Sejarah Budaya. Social Landscape Journal, 3(2), 1–8. https://doi.org/10.56680/slj.v3i2.33838

Daliman. (2016). Manusia & Sejarah. Ombak: Yogyakarta.

Evawani, L. (2022). Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar di Madrasah. Jurnal Literasiologi, 8(1), 136–143. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v8i1.350

Firdaus, D. W. (2017). Pemarisan Nilai-Nilai Historis dan Kearifan Lokal Masyarakat Kampung Adat Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 4(2), 129. https://doi.org/10.25157/ja.v4i2.906

Glenn C. Sutter, Leah O’Malley, Tobias Sperlich. (2023). Rural Community Engagement for Heritage Conservation and Adaptive Renewal. The University of Alabama, 15(2), 1–11. https://doi.org/DOI: 10.54656/jces.v15i2.497

Hidayat, Adi & Abdul Gafur. (2015). Pengelolaan dan Pemanfaatan Sumber Belajar di Sekolah Tinggi Pariwisata Ampta Yogyakarta. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.21831/tp.v2i1.5200

Kaizen, Gading, dkk. (2023). Menumbuhkan Kesadaran Sejarah Generasi Muda Melalui Kearifan Lokal Budaya Melayu di Kota Medan. PUTERI HIJAU: JURNAL PENDIDIKAN SEJARAH, 8(2), 194–198. https://doi.org/10.24114/ph.v8i2.47941

Marenden, V., Tambunan, W., & Limbong, M. (2022). Analisis Pengembangan Sumber Belajar Digital Media Video Untuk Meningkatkan Mutu SDM Guru Melalui Pemanfaatan Teknologi Pada Pembelajaran Tatap Muka di Era New Normal. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 66–79. https://doi.org/10.33541/jmp.v10i2.3270

Mazid, S., Prasetyo, D., & Farikah, F. (2020). Nilai Nilai Kearifan Lokal Sebagai Pembentuk Karakter Masyarakat. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(2), 192–207. https://doi.org/10.21831/jpk.v10i2.34099

Moleong, L.J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulia, A., & Wakhinuddin, W. (2021). Kontribusi Sumber Belajar dan Internal Locus of Controll Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 8–16. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.31788

Nuryanti, N., Slamet, S., & Zusrotin, Z. (2018). Museum Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah Studi Situs Pada Museum Jawa Tengah Ranggawarsito Semarang. Pawiyatan, 25(2), 91–99. https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/pawiyatan/article/view/737

Rizani, D. A., dkk. (2018). Analisis Karakteristik Peserta Didik Ditinjau Dari Perkembangan Motivasi Belajar Dan Sosial Emosional. 3, 47–51. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/semnasppg/article/view/1701

Saputro, Riki Andi. (2022). Peran Pembelajaran Sejarah Dalam Mempersiapkan Generasi Emas Melalui Penanaman Nilai Karakter Nasionalime. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 5(3), 141–150. https://doi.org/10.20961/shes.v5i3.59309

Sirnayatin, Titin Ariska. (2017). Membangun Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran Sejarah. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3), 312–321. http://dx.doi.org/10.30998/sap.v1i3.1171

Sugiyanto, Yeremia Angga & Firman Kurniawan. (2021). The Dynamics Transformation Of Living Media Consumption In The Digital Era (Shifting Preferences Study From Mediated Media Editors To Unmediated Media Editors And To Mediated Media Editors). Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 201–211. https://doi.org/10.35326/medialog.v4i1.1032

Susilo, A., & Sarkowi, S. (2018). Peran Guru Sejarah Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Arus Globalisasi. Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 2(1), 43. https://doi.org/10.17509/historia.v2i1.11206

Susilo, Agus. (2021). Studi Sejarah Perkembangan Masyarakat Tradisional Batu Urip Lubuklinggau di Era Modern. Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makasar, 8(3), 253–262. https://doi.org/10.26858/jp.v8i3.25432

Susilo, Agus & Andriana Sofiarini. (2020). Pembelajaran Sejarah Online Mahasiswa STKIP PGRI Lubuklinggau Di Masa Pandemik Covid 19. Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora, 3(1), 24–32. https://doi.org/10.31539/kaganga.v3i1.1303

Wahid, Abdul. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. ISTIQRA’, 5(2), 1–11.

Wahyuni, S., Safitri, N., Hutagalung, W. D., Sunatra, P., & Sinurat, D. K. (2023). Tradisi Upacara Adat Pernikahan Suku Karo Di Kabupaten Karo. Puteri Hijau: Jurnal Pendidikan Sejarah, 8(2), 205–210. https://doi.org/10.24114/ph.v8i2.47936

Wardhani, N. W. (2016). Pembelajaran Nilai-Nilai Kearifan Lokal Sebagai Penguat Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Informal. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1), 56–66. https://doi.org/10.17509/jpp.v13i1.3504

Wina Mustikaati, dkk. (2023). Pentingnya Memahami Perkembangan Peserta Didik bagi Guru dan Calon Guru Sekolah Dasar. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 6(2), 125–130. https://doi.org/10.31764/pendekar.v6i2.15540




DOI: https://doi.org/10.32502/jdh.v4i1.8232

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024

 Indexed by :