PENGGUNAAN MEDIA VISUAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH

Eris Pruanty Muda Simbolon, Indri Maya Sari, Wylda Pramestia Pratiwi, Agus Susilo

Abstract


Penggunaan media visual dalam pembelajaran sejarah memiliki peran penting dalam memperkaya pengalaman belajar dan meningkatkan pemahaman siswa. Media visual, seperti gambar, peta, video, dan infografis, dapat menyederhanakan konsep-konsep kompleks, memvisualisasikan peristiwa sejarah, dan membantu siswa memahami kronologi serta hubungan antar peristiwa dengan lebih baik. Media ini juga mampu menarik minat dan perhatian siswa, menjadikan pembelajaran lebih menarik dan interaktif. Selain itu, visualisasi peristiwa sejarah membantu siswa untuk membayangkan situasi pada masa lalu, yang sulit dicapai melalui teks saja. Penggunaan media visual juga mendukung berbagai gaya belajar, terutama bagi siswa yang lebih responsif terhadap stimulasi visual. Dalam konteks digital, media visual memungkinkan penyampaian materi sejarah secara dinamis dan kontekstual, memanfaatkan teknologi modern untuk menjembatani kesenjangan antara generasi muda dengan peristiwa masa lampau. Dengan demikian, media visual menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan pemahaman dan partisipasi siswa dalam pembelajaran sejarah.


Keywords


Media Visual; Pembelajaran Sejarah; Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Anderson, R. H. (1994). Pemilihan dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Arlina, Ulantika, Fitra, junytriswani, F. (2023). Penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, VIII(I), 1–19.

Dale. E. (1963). Audio Visual Methods in Teaching, New York: Holt, Rinehart and Winston Inc. The Dryden Press.

Gagne, R. M., & Briggs, L. J. (1979). Principles of Instructional Design (2nd ed.). New York: Holt, Rinehart & Winston.

Hamalik, O. (1994). Media Pendidikan, cetakan ke-7. Penerbit PT. Citra Aditya Bakti.

Heinich, Robert, dkk. (2002). Instructional Media and Technologies for Learning. Upper Saddle River: Merrill Prentice Hall.

Hasanah, F., Imran, & Hasdin. (2014). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Peninggalan Bangunan Bersejarah Pada Siswa Kelas IV SDN Marga Mulya Kec. Bungku Barat Kab. Morowali. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(1), 232–245.http://download.portalgaruda.org/article.php?article=319862&val=5150&title=Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajarah IPS Materi Peninggalan Bangunan Bersejarah Pada Siswa Kelas IV SDN Marga Mulya Kec . Bungku Barat Kab. Morowali.

Hakim, A. L., Anggraini, Y., Fitriani, R., Haqiqi, A., & Hofya. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Sejarah. Islamic Studies), 3(2), 131–136. http://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/TF.

Ina Magdalena, Roshita, Sri Pratiwi, Alfiana Pertiwi, A. P. D. (2020). Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV di SD Negeri 09 Kamal Pagi. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(1), 334–346. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i1.4139.

Kodir. A. 2(011). Strategi Belajar Mengajar, CV Pustaka Setia.

Mayer, Richard E. (2009). Multimedia Learning. Cambridge: Cambridge University Press.

Levie, W. H., & Lentz, R. (1982). Effects of Text Illustrations: A Review of Research. Educational Communication and Technology Journal, 30(4), 195-232.

Pramusinta, Y. (2020). Penggunaan Media Grafis (Peta Konsep) Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Mempermudah Pemahaman Siswa Kelas V Mi Darul Ulum Bojonegoro. In At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (Vol. 1, Issue 1). https://doi.org/10.30736/atl.v1i1.77

Rizqa, N. (2021). Pemanfaatan Media Visual Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 7 Banjarmasin.

Sadiman, dkk. (2007). Media Pendiddikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Susanto, Heri. (2014). "Pembelajaran Sejarah Indonesia: Isu dalam Ide dan Pembelajaran." Bandung: Rizqi Press).

Sanjaya, Wati. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Syaiful bahari Djamarah dan Azwan Zain, (2020:121). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.32502/jdh.v4i2.8988

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024

 Indexed by :