SEJARAH KETOKOHAN RATU KALINYAMAT SEBAGAI SUMBER BELAJAR BERBASIS SEJARAH LOKAL DALAM UPAYA MENUMBUHKAN KESADARAN SEJARAH SISWA SMA DI JEPARA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) sejarah ketokohan Ratu Kalinyamat, 2) nilai-nilai yang terdapat pada sejarah ketokohan Ratu Kalinyamat, dan 3) pemanfaatan nilai-nilai pada sejarah ketokohan Ratu Kalinyamat sebagai sumber belajar berbasis lokal dalam upaya menumbuhakn kesadaran sejarah siswa SMA di Jepara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualititaf, sehingga hasil penelitian ini akan dipaparkan secara deskriptif menggunakan kata-kata. Tujuan pemilihan metode penelitian ini untuk mendapatkan gambaran mengenai sejarah ketokohan Ratu Kalinyamat sebagai sumber belajar berbasis sejarah lokal dalam upaya menumbuhkan kesadaran sejarah siswa SMA di Jepara. Hasil dari penelitian ini merupakan pengetahuan mengenai sejarah ketokohan Ratu Kalinyamat yang ternyata berkaitan erat dengan kepemimpinannya di Jepara yang ternyata membawa pengaruh dalam kancah nasional hingga internasional. Melalui sejarah kepemimpinannya ini ternyata juga memberikan nilai-nilai penting yang dapat digunakan sebagai pembelajaran, seperti, nilai semangat kerja keras, nilai cinta tanah air dan pantang menyerah, nilai gotong royong dan semangat kerja sama, serta nilai peduli sosial dan kebudayaan. Sehingga, sejarah ketokohan Ratu Kalinyamat ini dapat digunakan sebagai sumber belajar berbasis sejarah lokal untuk menumbuhkan kesadaran sejarah siswa SMA di Jepara.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adji, K. B. (2016). Sejarah Para Raja dan Istri-Istri Raja Jawa: Dari Mataram Kuno hingga Mataram Islam. Yogyakarta: Araska Publisher.
Amal, M. K., & Faizin, K. (2023). Internalisasi Ajaran Ahlussunnah Wal Jamaah Dalam Membentuk Karakter Cinta Tanah Air Pada Siswa Di MA Raudhatut Tholabah Genteng Banyuwangi. Jurnal Pendidikan Indonesia. https://journal.penerbitjurnal.com/index.php/educational/article/view/55%0Ahttps://journal.penerbitjurnal.com/index.php/educational/article/download/55/46
Anisa, R., Khusnul, S., Setiawan, I., & Hidayat, D. M. (2024). Tradisi Pesta Baratan Di Desa Kriyan Kalinyamatan Jepara Dalam Pendekatan Historis. IHSANIKA : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 296–303.
Armiyati, L., & Fachrurozi, M. H. (2022). Technological pedagogical content knowledge (TPACK) calon guru di Tasikmalaya. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 9(2), 164–176.
Arsanti, C. D., & Fitriyani, R. (2023). Tradisi baratan kalinyamat desa kriyan kalinyamatan jepara. 9(2), 38–42.
Azmi, I. K. (2024). Jejak Kepemimpinan Ratu Kalinyamat (De Kranige Dame). Historia Pedagogia, 13(02), 32–41.
Budi, S. N. D. (2018). Local culture in the global era. Ekspresi Seni, 20(2), 102.
Burger, D. H. (1960). Sejarah Ekonomi Sosiologis Indonesia. Jakarta: Pradnya Paramita.
Couto, D. D. (1626). Sexta Parte Segunda, Decada Da Asia. Lisboa: Regia Officina Typograficia.
Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (4nd ed). Pearson Education.
Djajadiningrat, H. (1983). Tinjauan Kritis Tentang Sejarah Banten. Jakarta: Penerbit Djambatan, ter. KITLV.
Graaf, H. J. de. (1974). Tome pires: Suma Oriental en het tijdperk van Godsdienst overgang. BKI.
Hariyono, H. (2017). Sejarah Lokal: Mengenal yang Dekat, Memperluas Wawasan. Sejarah Dan Budaya: Jurnal Sejarah Budaya Dan Pengajarannya, 11(2), 160–166.
Hayati, C. (2010). Ratu Kalinyamat: Ratu Jepara yang Pemberani. Citra Leka Dan Sabda.
Hayati, C., Yulianti, D., & Sugiyanto. (2000). Peran Ratu Kalinyamat di Jepara pada Abad XVI. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Herlambang, Y. T. (2021). Pedagogik: Telaah kritis ilmu pendidikan dalam multiperspektif. Bumi Aksara.
Kartodirdjo, S. (1992). Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah. Gramedia Pustaka Utama.
Liliweri, A. (2007). Makna Budaya dalam Komunikasi Kebudayaan. Yogyakarta: LKIS.
Meilink-Roelofsz, M. A. P. (1962). Asian Trade and European Influence in the Indonesian Archipelago Between 1500 and about 1630. Den Haag: Martinus Nijhoff Publishers.
Mustolehudin, R. (2019). Spiritualisme Ratu Kalinyamat: Menelusuri Kearifan Lokal Tradisi Baratan Di Desa Kriyan Kalinyamatan Jepara. Al-Qalam, 25(1), 147. https://doi.org/10.31969/alq.v25i1.727
Nazir, M. (2003). Metodologi Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Pires, T. (2004). Suma Oriental. Yogyakarta: Ombak.
Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.
Reid, A. (2011). Menuju Sejarah Sumatra antara Indonesia dan Dunia. Jakarta: Obor & KITLV.
rejeki, K. S. (2019). Peranan Ratu Kalinyamat Dalam Perkembangan Kota Jepara (1549-1579). Sosio E-Kons, 11(2), 174–182.
Said, N. (2013). Spiritualisme Ratu Kalinyamat. 15(2), 105–123.
Schrieke, B. (1959). Indonesian Sociological Studies: Ruler and Realm in Early Java, Part II. ’s-Gravenhage: N.V. Uitgeverij W. van Houve.
Sofiana, A. (2017). Ratu Kalinyamat Penguasa Wanita Jepara Tahun 1549-1579. Avatara, 5(3), 1069–1080.
Suharso, S. (2017). Pembelajaran Sejarah Lokal Pada Kelas Sejarah (Model Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Lokal Kota Kudus Dalam Rangka Meningkatkan Minat Siswa Pada Sejarah). Jurnal Sejarah Dan Budaya, 11(1), 95–111.
Sujatmiko, T. (2014). Menjalin Silaturahmi antara Sejarah Nasional dan Sejarah Lokal. Jurnal Seuneubok Lada, 2(1), 106–115. https://ejurnalunsam.id/index.php/jsnbl/article/view/530
Sumarto, S. (2019). Budaya, Pemahaman dan Penerapannya. Jurnal Literasiologi, 1(2), 16. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v1i2.49
Supriadi, S. (2017). Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Proses Pembelajaran. Lantanida Journal, 3(2), 127. https://doi.org/10.22373/lj.v3i2.1654
Thorp, R. (2014). Historical consciousness and historical media-A history didactical approach to educational media. Education Inquiry, 5(4), 24282.
Wardani, E. R., Fathurohman, I., & Kuryanto, M. S. (2021). Nilai Karakter Religius Cerita Rakyat Pertapaan Ratu Kalinyamat Untuk Siswa Sekolah Dasar. Progres Pendidikan, 2(1), 48–54. https://doi.org/10.29303/prospek.v2i1.110
Winartha, I. M. (2006). Metodologi Penelitian Sosial Ekonomi. CV Andi Offset.
Zuchdi, D. (2011). Pendidikan Karakter dalam Prespektif Teori dan Praktek. Yogyakarta: UNY Press.
DOI: https://doi.org/10.32502/jdh.v5i1.9927
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025
Indexed by :