FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KELENGKAPAN IMUNISASI DASAR PADA ANAK DARI IBU PEKERJA BURUH DI WILAYAH KERJA UPTD PUSKESMAS SUKA DAMAI MUSI BANYUASIN

Fitri Dwi Anggraini, Beuty Savitri, Liza Chairani

Abstract


Imunisasi merupakan upaya untuk meningkatkan imunitas tubuh agar tubuh tidak terinfeksi suatu penyakit, atau meskipun terinfeksi penyakit tidak menimbulkan komplikasi bagi tubuh. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi kelengkapan imunisasi dasar pada anak dari ibu pekerja buruh di wilayah kerja Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Suka Damai Musi Banyuasin. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain penelitian cross sectional dengan jumlah sampel sebanyak 102 orang yang memenuhi kriteria inklusi. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 13 anak (12,7%) tidak mendapatkan imunisasi dasar secara lengkap dan 89 anak (87,3%) mendapatkan imunisasi dasar secara lengkap. Hasil analisis bivariat dengan menggunakan uji statistik diketahui bahwa pendidikan ibu (p=1,000), usia ibu didapatkan nilai (p=1,000), dan pengetahuan ibu (p=0,561)tidak memengaruhi kelengkapan imunisasi dasar. pada anak dari ibu pekerja buruh di wilayah kerja Puskesmas Suka Damai Musi Banyuasin.


Keywords


Imunisasi Dasar, Kelengkapan Imunisasi, Musi Banyuasin, Pendidikan Ibu

Full Text:

PDF

References


Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 42 Tahun 2013 Tentang Penyelenggaraan Imunisasi. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2014. Buku Ajar Imunisasi. Jakarta: Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Kesehatan

Rahmawati AI dan Umbul WC. 2014. Faktor yang mempengaruhi kelengkapan imunisasi dasar di Kelurahan Krembangan Utara. Jurnal Berkala Epidemiologi. 2(1):59–70.

Agushybana F, BM S, Jati SP, Martini M, Sriatmi A. 2019. Description of complete basic immunization coverage among infant. International Journal of Public Health Science. 8(2):174-178.

Komalasari O dan Oktarina R. 2019. Cakupan Imunisasi BCG Terhadap Bayi Baru Lahir di Provinsi Sumatera Selatan. VISIKES. 18(2):9–16.

Heraris S. 2015. Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Imunisasi Dasar Terhadap Kelengkapan Imunisasi Dasar Pada Anak di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Pembina Plaju Palembang. [Skripsi]. Universitas Muhammadiyah Palembang, Palembang.

Afriani T, Andrajati R, Supardi S. 2014. Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Kelengkapan Imunisasi Dasar Pada Anak dan Pengelolaan Vaksin di Puskesmas dan Posyandu Kecamatan X Kota Depok.. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan. 17(2):135–42.

Rahmi N dan Husna A. 2018. Faktor yang Mempengaruhi Kelengkapan Imunisasi Dasar pada Bayi di Wilayah Kerja Puskesmas Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar. Journal of Healthcare Technology and Medicine. 4(2):209-222.

Senewe MS, Rompas S, Lolong J. 2017. Analisis Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepatuhan Ibu Dalam Pemberian Imunisasi Dasar di Puskesmas Tongkaina Kecamatan Bunaken Kota Madya Manado. e-Journal Keperawatan. 5(1):109743.

Riza Y, Norfai, Mirnawati. 2018. Analisis Faktor Kelengkapan Imunisasi Dasar pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Cempaka Banjarmasin. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia. 1(3):75–80.

Rohayati dan Fatonah S. 2017. Faktor Internal yang Berhubungan dengan Imunisasi Dasar Baduta di Kota Bandar Lampung. Jurnal Keperawatan. XIII(1):14–18.

Loddo N, Makmun A, Surdam Z, Amri NS. 2019. Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Terhadap Pemberian Imunisasi Dasar pada Bayi di Wilayah Kerja Puskesmas Kassi-Kassi Makassar. Green Med J. 1(1):45–57.




DOI: https://doi.org/10.32502/msj.v2i0.3184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 MESINA (Medical Scientific Journal)

MESINA-Medical Scientific Journal