Teknik Kultur Maggot (Hermetia illucens) pada Kelompok Budidaya Ikan di Kelurahan Kastela

Rovina Andriani, Fatma Muchdar, Juharni Juharni, Gamal M. Samadan, Wahyu Wahyu Alfishahrin. T, Kadar Abjan, M. Tirta Margono

Abstract


Maggot atau larva dari lalat black soldier fly (Hermetia illucens) merupakan salah satu alternatif pakan yang memenuhi persyaratan sebagai sumber protein. Bahan makanan yang mengandung protein kasar lebih dari 19%, digolongkan sebagai bahan makanan sumber protein. Maggot merupakan salah satu jenis pakan alami yang memiliki protein tinggi. Maggot mengandung 41-42% protein kasar, 31-35% ekstrak eter, 14-15% abu, 4,8-5,1% kalsium, dan 0,6-0,63% fosfor dalam bentuk kering. Larva lalat Black soldier dapat digunakan untuk mengkonversi limbah seperti limbah industri pertanian, peternakan, ataupun kotoran manusia. Untuk membudidayakan pakan alami ini selain relatif mudah, biaya yang dikeluarkan juga tidak terlalu besar. Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dilaksanakan di Kelurahan Kastela pada Bulan Juli 2020 dimana Kelurahan Kastela merupakan lokasi Laboratorium yang dimiliki oleh Fakultas Perikanan dan Kelautan Unkhair dan merupakan lokasi penelitian sekaligus pengabdian masyarakat. Tujuan dari dilaksanakan pengabdian masyarakat ini yaitu; Memberi informasi kepada masyarakat bagaimana membuat pakan ikan yang murah, mudah dan ramah lingkungan sehingga masyarakat tidak kesulitan untuk mendapatkan pakan ikan. Kesimpulan dari kegiatan PKM ini adalah menambah keterampilan masyarakat teknik kultur maggot (Hermetia illucens) pengganti pellet sebagai pakan ikan.


Full Text:

PDF

References


Fauzi, R.U.A. & Sari, E.R.N. (2018). Analisis Usaha Budidaya Maggot sebagai Alternatif Pakan Lele. Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri. 7(1). 39-46.

Nangoy, M.M., Montong, M.E.R., Utiah, W., & Regar, M.N. 2017. Pemanfaatan Tepung Manure Hasil Degradasi Larva Lalat Hitam (Hermetia illucens L) terhadap Performans Ayam Kampung Fase Layer. Jurnal Zootek. 37(2): 370- 377.

Iskandar R., & Fitriadi S. (2017). Analisa Proksimat Pakan Hasil Olahan Pembudidaya Ikan di Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan. Ziraa’ah. 42(1).

Putri, F. S., Z. Hasan dan K. Haetami. 2012. Pengaruh Pemberian Bakteri Probiotik Pada Pelet Yang Mengandung Kaliandra (Calliandracalothyrsus) Terhadap Pertumbuhan Benih Ikan Nila (Oreochromis niloticus). Jurnal Perikanan dan Kelautan, 3 (4), Desember 2012 : 283-291. ISSN : 2088-3137.

Supriyatna, A. & Putra, R.E. (2017). Estimasi Pertumbuhan Larva Lalat Black Soldier (Hermetia illucens) dan Penggunaan Pakan Jerami Padi yang Difermentasi dengan Jamur P. chrysosporium. Jurnal Biodjati. 2(2). 159-166.

Silmina, D., Endriani, G., & Putri, M. (2010). Efektifitas Berbagai Media Budidaya terhadap Pertumbuhan Maggot Hermetia illucen. Bogor: Institut Pertanian Bogor Press.

Yulianti & Mutia, A.K. (2018). Analisis Kadar Protein Dan Tingkat Kesukaan Nugget Ikan Gabus Dengan Penambahan Tepung Wortel. Gorontalo Agriculture Technology Journal. 1(1). 37-42.




DOI: https://doi.org/10.32502/altifani.v1i1.3003

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

       

 

Altifani Journal: International Journal of Community Engagement
Diterbitkan oleh Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Palembang

Contact Person:
Rika Puspita Sari, M.Si (HP/WA: +62 822-8016-9666)
Klinik Publikasi Pertanian, Faculty of Agriculture, Universitas Muhamamdiyah Palembang
JL. Jend.A.Yani 13 Ulu Palembang, South Sumatra, Indonesia
Tel. (+62)711-511731; Email: kppfpump@gmail.com; Website: https://jurnal.um-palembang.ac.id/altifani

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.