Penerapan Teknologi Penilaian Kualitas Air sebagai Habitat Hidup Ikan dan Manfaat Hasil Nilai Gizi Ikan

Elva Dwi Harmilia, Khusnul Khotimah, Helmizuryani Helmizuryani, Alhanannasir Alhanannasir, Irkhamiawan Ma’ruf

Abstract


Tubuh mahluk hidup memerlukan zat gizi seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air yang harus diperoleh dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari seperti ikan. Umumnya masyarakat mendapatkan ikan konsumsi dengan membeli di pasar dan hanya sedikit dari hasil tangkapan di alam. Permintaan akan ikan sangat tinggi sehingga kegiatan budidaya merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk memenuhi permintaan masyarakat. Penerapan teknologi dalam penilaian kualitas air untuk budidaya ikan harus dilakukan karena dapat membantu dalam pertumbuhan dan perkembangan ikan yang optimum. Tujuan pengabdian kepada masyarakat di Kampung Talang Jawa Kecamatan Gandus Palembang adalah untuk memberikan informasi kepada masyarakat pentingnya makan ikan karena manfaat dan kandungan nilai gizi ikan, memberikan informasi penilaian kualitas air dalam melakukan kegiatan budidaya ikan dan bagaimana pengoperasian alat kualitas air dilapangan serta solusi dalam memperbaiki kualitas perairan sebagai habiatat hidup ikan. Hasil pengabdian menunjukkan masyarakat antusias dalam mengikuti kegiatan, paham akan nilai kualitas air yang baik untuk kegiatan budidaya ikan, masyarakat memahami pentingnya nilai gizi ikan untuk tubuh, dan solusi dalam membudidayakan ikan.


Full Text:

PDF

References


Alfyan, M. T. (2010). Hubungan Pengetahuan Gizi Dengan Status Gizi Siswa di SMA Harapan 1 Medan. Universitas Sumatera Utara. Medan.

Astawan, M. (2008). Lele Bantu Pertumbuhan Janin. Dikutip dari http://wilystra2007.multiply.com/journal/item/62/Lele_Bantu_Pertumbuhan_Janin.

Auliana, R. (2001). Gizi dan Pengolahan Pangan. Adicita Karya Nusa, Yogyakarta.

Erikarianto. (2008). Paramete Fisika Kimia. Dikutip dari http://erkarianto.wrordpress.com /2008/01/10/parameter-fisika kimia perairan.

Fahrul, M. F. (2007). Metode Sampling Bioekologi. PT. Bumi Aksara. Jakarta.

Harmilia, E. D., & Khotimah, K. (2018). Kondisi Perairan Sungai Ogan Di Ogan Ilir Berdasarkan Parameter Fisika Kimia. Jurnal Akuakultur Rawa Indonesia. 6(2): 107-116.

Kordi, M. G., & Tancung, B. A. (2005). Pengelolaan Kualitas Air. Rineka Cipta. Jakarta.

Minggawati & Saptono. (2012). Parameter Kualitas Air untuk Budidaya Ikan Patin (Pangasius pangasius) di Karamba Sungai Kahayan, Kota Palangka Raya. Jurnal Ilmu Hewani Tropika. 1(1): 27-30.

Zaki. (2009). Budi Daya Ikan Lele (Clarias batrachus). Dikutip dari http://wilystra2008.biologi.com/journal/item/54/Budi_Daya_Ikan_Lele(Clariasbatrachus).




DOI: https://doi.org/10.32502/altifani.v1i1.3004

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

    

 

Altifani Journal: International Journal of Community Engagement
Diterbitkan oleh Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Palembang

Contact Person:
Rika Puspita Sari, M.Si
Klinik Publikasi Pertanian, Faculty of Agriculture, Universitas Muhamamdiyah Palembang
JL. Jend.A.Yani 13 Ulu Palembang, South Sumatra, Indonesia
Tel. (+62)711-511731; Email: kppfpump@gmail.com; Website: https://jurnal.um-palembang.ac.id/altifani

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.