Kajian Elemen Ruang Kawasan Talang Semut Palembang

Zulfikri Zulfikri, Ramadisu Mafra, Riduan Riduan

Sari


Minimnya perhatian Pemerintah Daerah terhadap keberadaan kota tua, kawasan kota lama dan bangunan kuno adalah impase klasik. Bangunan tak terawat, alih fungsi banguan atau kawasan, bahkan fenomena penghancuran bangunan kuno kerap terjadi di Palembang. Tujuan penelitian untuk mengidentifikasi dan mencari informasi potensi yang terdapat pada kawasan Talang Semut Palembang serta permasalahan pelestarian kawasan, dan hasilnya diharapkan menjadi masukan bagi Pemerintah Daerah terkait pelestarian kawasan atau bangunan bersejarah.  Metoda analisis kualitatif dan kuantitatif digunakan dalam pengolahan dan interpretasi data hasil survey.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa sampai saat ini ciri khas masa lampau dengan bentuk bangunan kolonial, kolam retensi, rumah dinas Walikota,  serta penghijauan yang tertata dengan rapi dan indah merupakan symbol tersendiri terhadap kawasan ini. Artefak bangunan kolonial dengan pola radial sebagai bukti sejarah, lebih banyak ditemukan di sepanjang jalan utama kawasan ini dibandingkan dengan kawasan lain di Palembang dengan kondisi yang terawat. Permukiman yang tertata rapi, ketersediaan fasilitas publik, udara yang relatif bersih, kawasan yang bernilai estetika tinggi, berperan dalam pemeliharaan kesehatan warga kota Palembang. Lemahnya implementasi Perda tentang pelestarian cagar budaya turut menyebabkan terjadinya kasus perubahan bentuk asli bangunan kolonial.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Budiharjo,Eko. (1997) Arsitektur Pembangunan dan Konservasi, Djamban, Jakarta.

Cote,Joost., O’Neill, Hugh. (2017). The Life and Work of Thomas Karsten, Architecture&Natura, Asterdam

Darmawan,Edy. (2003). Teori dan Implementasi Perancangan Kota, Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.

Fuady, Mirza. (1999). Strategi Peremajaan Kota Dalam Upaya Revitalisasi Kawasan Segi Empat Tunjungan-Surabaya, Thesis, Pascasarjana ITS, Surabaya.

Hanafiah Djohan (1998). Palembang Zaman Bari, Citra Palembang Tempo Doeloe, Humas Pemerintah Kotamadya Daerah TK.II Palembang.

Howard, Ebenezer (1973). Garden Cities of Tomorrow, The MIT Press, Cambridge, Massachusetts and London, England

Martokusumo, Widjaya., Wibowo, Arif Sarwo (2021). Pelestarian Arsitektur dan Lingkungan Bersejarah, ITB Pres, Bandung

Martokusumo, Widjaya (2008). Revitalisasi sebuah Pendekatan dalam Peremajaan Kawasan. Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota, 19 (3) hal 67

______________, 1995, Indonesia Lintasan Sejarah Budaya Sumatera Selatan, Humas Pemerintah Kotamadya Daerah TK.II Palembang.

______________,1956, Kota Palembang 1272 Tahun (648-1956) & 50 Tahun Kota Praja (Hamintee) Palembang (1906-1956),Rhama Publising House Palembang.

Moughtin. (1996). Cliff Urban Design Green Development.

Shirvani,Hamid,1985, The Urban Design Process, New York: Van Nostrand Reinhold

Company.

Tesdell, Steven., Oc, Toner., Heath, Tim (1996). Revitaizazing Historic Urban Quarters, Routledge

Zahnd,Markus, 1999, Town and Square, Columbia University, New York




DOI: https://doi.org/10.32502/arsir.v6i2.5457

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

   

Arsir : Jurnal Arsitektur is lisenced under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
View My Stats