Desain Kelas Luar Ruangan yang Aktif dan Inovatif di Universitas Multimedia Nusantara Tangerang

Hedista Rani Pranata, Devi Angraini

Sari


Sejak awal penciptaan, manusia telah hidup di dalam alam dan berevolusi melalui koeksistensi. Ekosistem alam berkontribusi langsung terhadap perkembangan manusia, memuaskan kebutuhan dasar dan spiritual, serta menopang kehidupan. Untuk itu, eksposur dan pengalaman langsung dengan alam sangat penting dalam seluruh aspek kehidupan, termasuk dalam pendidikan. Beberapa riset telah mengkaji dampak kegiatan pembelajaran di ruang terbuka, baik secara umum maupun dalam tingkat perguruan tinggi. Melakukan pembelajaran di ruang luar dapat meningkatkan fokus, memicu ide dan respons yang beragam, serta pemahaman fenomena alam dan sosial yang lebih baik. Terdapat enam aspek utama dalam pertimbangan desain kelas luar ruangan, yaitu fleksibilitas dan adaptibilitas, kenyamanan dan keamanan, keberlanjutan, estetika, aksesibilitas, dan teknologi. Keenam aspek ini kemudian diterapkan dalam pilot project perancangan kelas luar ruangan pada Universitas Multimedia Nusantara. Diharapkan melalui perancangan kelas luar ruangan ini dapat berperan dalam menciptakan lingkungan belajar yang aktif dan inovatif.

Kata Kunci


arsitektur; kelas; luar ruangan; desain; pendidikan

Teks Lengkap:

PDF (English)


DOI: https://doi.org/10.32502/arsir.v7i1.5863

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

   

Arsir : Jurnal Arsitektur is lisenced under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
View My Stats