Identifikasi Kesulitan Mahasiswa dalam Penyelesaian Tugas Studio Perancangan Arsitektur Berdasarkan Tingkat Semester

Muhammad Raihan, Hanson Endra Kusuma, Dewi Larasati ZR

Sari


Dalam dunia pendidikan arsitektur, terdapat kurikulum khusus yang menjadikan suatu matakuliah menjadi pararel dan bertingkat yakni studio perancangan arsitektur. Pada umumnya studio perancangan dimulai dari semester 1 namun ada pula yang dimulai dari semester 2. Substansi dari studio perancangan arsitektur memberikan pelajaran merancang melalui praktik secara langsung sesuai dengan tema perancangan bangunan pada semester tersebut. Sejauh ini, mata kuliah studio perancangan arsitektur merupakan matakuliah inti dengan jumlah sks lebih banyak antara 4 hingga 6 sks oleh karena itu sering dikatakan sebagai mata kuliah yang cukup sulit dan banyak permasalahan yang dialami. Oleh karena itu penelitian ini akan mengidentifikasi faktor-faktor masalah apa saja yang sering dialami oleh mahasiswa arsitektur dalam menjalani proyek tugas studio perancangan arsitektur. Penelitian ini menggunakan pendekatan mix method penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan mengumpulkan data menggunakan survei daring dalam bentuk kuisioner terbuka dan tertutup. Hasil analisis mengungkapkan masalah-masalah yang cenderung terjadi pada masing-masing tingkatan semester serta diskusi terkait penanganan masalah tersebut.

 

 


Kata Kunci


Kesulitan; Studio; Arsitektur; Semester

Teks Lengkap:

MDR


DOI: https://doi.org/10.32502/arsir.v7i2.7352

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

   

Arsir : Jurnal Arsitektur is lisenced under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
View My Stats