PENGARUH PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL MODERASI DAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL KONTROL

Akhmad Darmawan, Yudhistira Putragita, Purnadi Purnadi, Yudistira Pradipta Aryoko, sunardi sunardi

Abstract


The research aims to examine the effect of profitability and leverage on firm value with Corporate Social Responsibility as a moderating variable and company size as a control variable. The subject of this research uses manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange for the period of 2016-2018. Data collection techniques used in this study were purposive sampling and with a sample size of 107 samples. While the data analysis techniques used in this study is classic multiple regression analysis with absolute. The analysis shows that profitability has a positive and significant effect on firm value, while leverage has a negative and significant effect on firm value, and Corporate Social Responsibility is able to moderate, then firm size has a significant positive effect on firm value

Keywords


Profitability, Leverage, Csr, Company Size, Company Value

Full Text:

PDF

References


Brigham dan Houston. 2010. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Buku 1. Jakarta : Salemba Empat

Dewi, Ni Made Laksmi dan I D.G. Dharma Suputra. 2019. Pengaruh Profitabilitas dan Leverage pada Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Vol. 28, No. 1, Hal 26-54.

Fahmi, Irham. 2014. Manajemen Keuangan Perusahaan Dan Pasar Modal. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Lumoly, Selin dkk. 2018. Pengaruh Likuiditas, Ukuran Perusahaan Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal EMBA, Vol. 6, No. 3, Hal 1108 – 1117.

Modigliani, F. and M H. Miller. 1963. Taxes And The Cost Of Capital: A Corretion. The American Economic Review: 433-443.

Novari, Putu Mikhy, dan P. Vivi Lestari. 2016. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Sektor Properti Dan Real Estate. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5, No.9, Hal 5671-5694.

Nurminda, Aniela dkk. 2017. Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. E-Proceeding of Management : Vol.4, No.1, Hal 542-549.

Pramana, I Gusti Ngurah Agung Dwi dan I Ketut Mustanda. 2016. Pengaruh Profitabilitas Dan Size Terhadap Nilai Perusahaan Dengan CSR Sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5, No.1, Hal 561 – 594.

Raningsih, Ni Kadek dan Luh Gede Sri Artini. 2018. Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderasi. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Vol. 7, No. 8, Hal 1997-2026.

Ratih, I Dewa Ayu dan I Gusti Ayu Eka Damayanthi. 2016. Kepemilikan Manajerial Dan Profitabilitas Pada Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Tanggungjawab Sosial Sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol. 14, No.2, Hal 1510-1538.

Ross, S. 1977. The Determination of Financial Structure: the Icentive Signalling Approach, Bell Jounal Of Economics, 8, 23-40

Rudangga, I Gusti Ngurah Gede dan Gede Merta Sudiarta. 2016. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5, No.7, Hal 4394 – 4422.

Sartono, R. Agus. 2012. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi Edisi 4. Yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suliyanto. 2011. Ekonometrika Terapan : Teori dan Aplikasi dengan SPSS. Yogyakarta. CV Andi Offset.

Wulandari, Ni Made Intan dan I Gusti Bagus Wiksuana. 2017. Peranan Corporate Social Responsibility Dalam Memoderasi Pengaruh Profitabilitas, Leverage Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 6, No. 3, Hal 1278-1311.

Yudi, Pramana. 2017. Pengaruh Kinerja Lingkungan Terhadap Kinerja Keuangan Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Sebagai Variabel Intervening. BALANCE : Jurnal Akuntansi dan Bisnis, Vol 2, No 2, Hal 227-236

www.bi.go.id.

https://www.globalreporting.org.

www.industri.kontan.co.id.

swww.setkab.go.id




DOI: https://doi.org/10.32502/jab.v5i1.2461

Refbacks

  • There are currently no refbacks.