KUALITAS PELAYANAN DAN PENGGUNAAN APLIKASI SI-APIK TERHADAP PENERIMAAN PAJAK DENGAN KEPATUHAN PAJAK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Bangkit Triono, Sri Ayem, Teguh Erawati

Abstract


This study was conducted to determine whether the quality of service and the use of the Si-apik application have an effect on tax compliance, and whether there is an effect of tax compliance on tax revenue, and to determine whether the quality of tax services and the use of the Si-apik application affect tax revenue in the city of Yogyakarta. The data used is primary data obtained randomly by distributing questionnaires, with details of the number of questionnaires distributed as many as 110, 106 returned questionnaires, and 100 questionnaires that can be processed and the rest are defective. The data analysis technique was carried out with the t test, R2 test, and path analysis. It was concluded that the quality of service and the use of si-apik applications had an effect on tax compliance. The service quality variable has an effect on tax revenue, while the use of the Si-apik application has no effect on tax revenue. The variable of taxpayer compliance has an effect on tax revenue in the city of Yogyakarta.


Keywords


Intervening, Si-Apik Application, Service Quality, Tax Compliance, Tax Revenue.

Full Text:

PDF

References


Abdi, R. (2017). Pengaruh Sanksi Pajak, Kualitas Pelayanan Dan Penerapan Sistem E-Filling Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Empiris Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Terdaftar Di Kpp Pratama1 Padang).

Aisyah. (2012). Pengaruh Jumlah Wajib Pajak Efektif Terhadap Penerimaan Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Tanjung Pinang.

Akbar, H., & Apollo. (2020). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Pelayanan Fiskus Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Jakarta Palmerah). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 1(3), 216–223. Https://Doi.Org/10.31933/Jemsi.V1i3.97

Akbar, M. (2018). Penerapan Aplikasi Akuntansi Digital Sebagai Media Pembelajaran Dalam Menyusun Laporan Keuangan. Assets, 8(2), 156–167.

Amalia, S. (2010). Persepsi Pegawai Pajak Terhadap Pemanfaatan Teknologi Informasi Pada Kinerja Individual (Studi Kasus Pada Kpp Pratama Tegal).

Amanda, D. (2017). Pengujian Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Antara Pengaruh Kepercayaan Dan Atribut Produk Tabungan Batara Ib Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Pada Pt. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Kantor Cabang Syariah Palembang).

Anam, M. C., Andini, R., & Hartono. (2016). Melakukan Kegiatan Usaha Dan Pekerjaan Bebas Sebagai Variabel Intervening ( Studi Di Kpp Pratama Salatiga ). Journal Of Accounting, 18.

Arum, H. P. (2012). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pelayanan Fiskus, Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Kegiatan Usaha Dan Pekerjaan Bebas (Studi Di Wilayah Kpp Pratama Cilacap).

Aryobimo, P. T. R. I. (2012). Pengaruh Persepsi Wajib Pajak Tentang Kualitas Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Kondisi Keuangan Wajib Pajak Dan Preferensi Risiko Sebagai Variabel Moderating.

Chau, G., & Leung, P. (2009). A Critical Review Of Fischer Tax Compliance Model : A Research Synthesis. Journal Of Accounting And Taxation, 1(2), 34–40.

Desideria, E., & Ngadiman. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan Pajak Dari Wajib Pajak Badan Tahun 2016-2017. Jurnal Multiparadigma Akuntansi, I(2), 55–63.

Elvira, J. G. (2018). Analisis Penerapan Aplikasi Akuntansi Berbasis Android Si-Apik Untuk Memenuhi Kebutuhan Sistem Informasi Akuntansi Pada Usah Mikro Kecil Menengah.

Fuadi, A. O., & Mangoting, Y. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan Petugas Pajak , Sanksi Perpajakan Dan Biaya Kepatuhan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Umkm. Tax & Accounting Review, 1(1).

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program Ibm Spss 21 Update Pls Regresi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hidayat, W. (2010). Studi Empiris Theory Of Planned Behavior Dan Pengaruh Kewajiban Moral Pada Perilaku Ketidakpatuhan Pajak Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 12(2), 82–93.

Ihsan, M. (2013). Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Penyuluhan Pajak, Kualitas Pelayanan Pajak, Dan Pemeriksaan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan Di Kota Padang (Issue September).

Ilhamsyah, R., Endang, M. G. W., & Dewantara, R. Y. (2016). Pengaruh Pemahaman Dan Pengetahuan Wajib Pajak Tentang Peraturan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Samsat Kota Malang). Jurnal Perpajakan (Jejak), 8(1), 1–9.

Istighfarin, N., & Fidiana. (2018). Tax Amnesty Dari Perspektif Masyarakat Pajak. Jurnal Akuntansi, 9(2). Https://Doi.Org/2502-6380

Jatmiko, A. N. (2006). Pelaksanaan Sanksi Denda , Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak ( Studi Empiris Terhadap Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kota Semarang ). Universitas Diponegoro.

Jotopurnomo, C., & Mangoting, Y. (2013). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak , Kualitas Pelayanan Fiskus , Sanksi Perpajakan , Lingkungan Wajib Pajak Berada Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di Surabaya. Tax & Accounting Review, 1(1).

Kastolani, O. J. Y., & Ardiyanto, M. D. (2017). Pengaruh Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Dan Pemeriksaan Terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan. Diponegoro Journal Of Accounting, 6(3), 1–10.

Kuncoro, M. (2013). Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi Bagaimana Meneliti Dan Menulis Tesis (4th Ed.). Erlangga.

Mangowal, M. C., & Rondonuwu, S. (2021). The Effectiveness Of Collecting Tax Arrears With Warning Letters And Coercive Letters Against Tax Revenues At The Regional Offices Of The Directorate General Of Taxes In Sulawesi Utara , Tengah , Gorontalo Dan Jurnal Emba Vol . 9 No . 2 April 2021 , Hal . 9(2), 86–96.

Marcori, F. (2018). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pelayanan Fiskus, Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Usaha Kecil Menengah.

Mardiasmo. (2019). Perpajakan (2019th Ed.). Penerbit Andi.

Marlina, L., Sumarni, R., & Mundzir, A. (2018). Proceeding Of Community Development Tipe Artikel : Training Materials Financial Literacy Education Through The Si Apik Application At The Santanamekar Village Community In Tasikmalaya [ Edukasi Literasi Finansial Melalui Aplikasi Si Apik Pada Masyarakat D. 2, 72–80. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.30874/Comdev.2018.407

Migaus, A. F. (2016). Pengaruh Pelaksanaan Self Assessment System Dan Pemeriksaan Pajak Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Badan Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kota Padang.

Mowen, J., Minor, M., & Yahya, D. K. (2002). Perilaku Konsumen (5th Ed.). Erlangga.

Muda, H., Pangemanan, S. S., & Tirayoh, V. Z. (2015). Penagihan Pajak Dengan Surat Teguran Dan Surat Paksa Dampaknya Terhadap Penerimaan Pajak Pertambahan Nilai Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bitun. Jurnal Emba, 3(4), 1–12.

Muhammad, A., & Sunarto. (2018). Pengaruh Pemeriksaan Pajak, Penagihan Pajak, Dan Kepatuhan Wajib Pajak Terhadap Penerimaan Pajak Studi Kasus Pada Kpp Pratama Raba Bima Tahun 2012-2015. Akuntansi Dewantara, 2(1), 37–45. Https://Doi.Org/10.29230/Ad.V2i1.2220

Mutia, S. P. T. (2014). Pengaruh Sanksi Perpajakan, Kesadaran Perpajakan, Pelayanan Fiskus, Dan Tingkat Pemahaman Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi.

Pertiwi, A. R., & Rusydi, M. K. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan Account Representative (Ar) Terhadap Kepuasan Dan Kepatuhan Wajib Pajak Badan (Studi Pada Perusahaan Makanan Di Kota Malang). Akrual Jurnal Akuntansi, 4(2), 119–138.

Pravasanti, Y. A. (2018). Dampak Kebijakan Dan Keberhasilan Tax Amnesty Bagi Perekonomian Indonesia. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 1, 84–94.

Priadana, M. S., & Muis, S. (2016). Metodologi Penelitian Ekonomi Dan Bisnis (2nd Ed.). Ekuilibria.

Priyatno, D. (2016). Belajar Alat Analisis Data Dan Cara Pengolahannya Dengan Spss. Gava Media.

Putriani, I. A. N., & Budiartha, I. K. (2016). Pengaruh Penyuluhan Perpajakan Dan Pelayanan Fiskus Pada Penerimaan Pajak Penghasilan Badan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 14, 79–90.

Rembangan, E. R., & Mawikere, L. (2016). Analisis Efektivitas Pemeriksaan , Penagihan Dan Penerimaan Pajak Di Kota Kotamobagu The Analysis Effectiveness Of Tax Audits , Tax Collection And Tax Revenue On The Tax. Jurnal Emba, 4(1), 60–67.

Resmi, S. (2016). Pepajakan Teori Dan Kasus (9th Ed.). Salemba Empat.

Sapriadi, D. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak, Sanksi Pajak Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pbb (Pada Kecamatan Selupu Rejang).

Sari, R. P. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Target Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor Dengan Kepuasan Wajib Pajak Sebagai Variabel Moderating (P. 38 : 186).

Seni, N. N. A., & Ratnadi, N. M. D. (2017). Theory Of Planned Behavior Untuk Memprediksi Niat Berinvestasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 12, 43–68.

Silalahi, S., Musadieq, M. Al, & Nurtjahjono, G. E. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Perpajakan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak Dan Penerimaan Pajak (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Madya Malang). Jurnal Perpajakan (Jejak), 1(1), 1–5.

Siregar, L. H. (2017). Pengampunan Pajak (Tax Amnesty) Sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Nasional Dari Sektor Fiskal. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Keislaman, 6(1), 97–105. Https://Doi.Org/1979-8075.

Soemitro, R. (1991). Pajak Ditinjau Dari Segi Hukum (1st Ed.). Pt Eresco.

Suhendra, E. S. (2010). Pengaruh Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Badan Terhadap Peningkatan Penerimaan Pajak Penghasilan Badan. Jurnal Ekonomi Bisnis, 15(1).

Sulistyorini, M., Nurlaela, S., & Chomsatu, Y. (2017). Pengaruh Penggunaan Sistem Administrasi E-Registration, E- Billing, E-Spt, Dan E-Filling Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Pada Wajib Pajak Orang Pribadi Di Rsud Dr. Moewardi Surakarta).

Supadmi, N. L. (2009). Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Melalui Kualitas Pelayanan Ni Luh Supadmi. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 4(2), 1–14.

Suryani, L. (2019). Teknologi Informasi , Profesionalisme Account Representative Dan Aplikasi E-Tax Terhadap Penerimaan Pajak. Jurnal Ilmial Akuntansi Universitas Pamulang, 7(1), 26–45.

Undang-Undang No 16 Tahun 2009. “Tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan”.

Undang-Undang No 20 tahun 2008. "Tentang Usaha Mikro Kecil Menengah".

Widarjono, A. (2007). Ekonometrika Teori Dan Aplikasi Untuk Ekonomi Dan Bisnis. Ekonisia Uii.

Wijaya, T. (2013). Metodologi Penelitian Ekonomi Dan Bisnis: Teori Dan Praktik. Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.32502/jab.v7i2.5381

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Palembang

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia.

Indexed by :