Analisis Pengembalian Keputusan Investasi Saham Dengan Pendekatan Capital Asset Pricing Model (CAPM) pada Perusahaan Perbankan Terdaftar di Bursa Efek Indone

Nurmala Nurmala

Abstract


ABSTRACT

 

The investors chose the banking shares because the management of this banking is overseen and regulated by Financial Services Authority in a transparent manner. This banking world will always be professional and transparent in managing public funds. It certainly will provide trust and positive value in the eyes of the community. The problem of this research is how to make Stock Investment Decision in accordance with Capital Asset Pricing Model (CAPM) Method on Banking Companies registered in Indonesia Stock Exchange. The purpose of this research is to analyze the decision of stock investment in accordance with Capital Asset Pricing Model (CAPM) method in Bankingcompanies registered in Indonesia Stock Exchange.The method used in this research is descriptive quantitative method and data are collected by documentation technique. The data analysis technique is used to calculate Individual Shares Return Rate (Ri), Risk Free Return (Rf), Market Rate (Rm),  Premium Risk (Rp),  expected Return Rate {E (Ri)}, and to help the efficiency and the decision of Stock Investments.Based on the results of the research, it can be seen that the risk with the lowest expected stock return is 0.340 and the highest expected rate of return is equal to 0.00532. There are 25 companies stocks included in the category of efficient stocks and 13 companies stocks included in the category of inefficient stocks among 38 companies stocks taken as this research sample. These stocks have greater Ri value than E (Ri) or [Ri> E (Ri)]. The investment decision taken by the investor is to buy the stocks.

 

Keywords        Returns of Stock Investment Decisions, CAPM Method.

 ABSTRAK

 

Investor memilih saham perbankan adalah karena pengelolaan perbankan ini diawasi dan diatur oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) secara transparan. Dunia perbankan ini akan selalu profesional dan transparan dalam mengelola dana masyarakat. Hal itu tentunya akan memberikan kepercayaan dan nilai positif di mata masyarakat. Permasalahan dalam penelitian ini bagaimana pengambilan Keputusan Investasi Saham yang sesuai dengan Metode Capital Asset Pricing Model (CAPM) Pada Perusahaan Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengambilan keputusan investasi saham yang sesuai dengan metode Capital Asset Pricing Model (CAPM) pada perusahaan Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan menghitung Tingkat Pengembalian Saham Individu (Ri), menghitung Tingkat Pengembalian Bebas Risiko (Rf), menghitung Tingkat Pengambalian Pasar (Rm), menghitung Risiko Premium (Rp), menghitung Tingkat Pengembalian yang diharapkan {E(Ri)}, dan mengolongkan efisiensi dan Keputusan Investasi Saham

Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa risiko dengan tingkat pengembalian saham yang diharapkan terendah yaitu 0,340 dan memiliki tingkat pengembalian yang diharapkan terrtinggi yaitu sebesar 0,00532. Terdapat 25 saham perusahaan yang termasuk dalam kategori saham efisien dan 13 saham perusahaan yang termasuk dalam kategori saham tidak efisien dari 38 saham perusahaan yang dijadikan sampel penelitian. Saham-saham tersebut memiliki nilai Ri lebih besar daripada E(Ri) atau [Ri > E(Ri)]. Keputusan investasi yang harus diambil oleh investor adalah membeli saham tersebut.

 

Kata Kunci   Pengembalian Keputusan Investasi Saham, Metode CAPM


Keywords


Returns of Stock Investment Decisions, CAPM Method

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32502/jab.v2i2.797

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Palembang

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia.

Indexed by :