ANALISA KAPASITAS DEBIT ALIRAN PADA SISTEM JARINGAN PERPIPAAN DISTRIBUSI AIR BERSIH DI PERUMAHAN GRIYA HARAPAN A, SAKO, KOTA PALEMBANG

Nurnilam Oemiati, Matsyuri Ayat

Abstract


Perumahan Griya Harapan A terletak di Jalan Sematang Borang, Kota Palembang. Pengaliran air bersih pada kawasan ini dialirkan oleh PDAM Tirta Musi Palembang. Hasil proyeksi jumlah pelanggan PDAM Tirta Musi yang ada di perumahan ini adalah 768 rumah. Supply air yang diterima penduduk perumahan tersebut tidak mencukupi kebutuhan air bersih untuk keperluan sehari-hari. Tujuan penelitan ini adalah menghitung kapasitas debit yang dibutuhkan agar sistem jaringan pipa air bersih ini dapat memenuhi kebutuhan pemakainya. Pada jaringan pipa air bersih PDAM di perumahan tersebut diolah menggunakan data-data primer dan sekunder dan dihitung menggunakan metode Hardy-Cross Selisih debit yang didapat antara perhitungan kapasitas debit yang dibutuhkan dengan keadaan di lokasi Perumahan tersebut yaitu sebesar 12,54 %. Dari kondisi dilapangan setiap rumah rata-rata perhari mendapatkan air bersih sebesar 655,95 liter, sedangkan yang di distribusikan oleh PDAM Tirta Musi Palembang di lokasi penelitian setidaknya perhari setiap rumah mendapatkan air bersih sebesar 789,97 liter. Jika keadaan di lokasi penelitian sesusai dengan perhitungan Hardy-cross yang telah dihitung, maka setiap rumah akan mendapatkan air bersih perhari dialiri sebanyak 750 liter. Pada kondisi dilapangan di dapat permasalahan adanya kekurangan air pada pipa ae-31, dimana kebutuhan air pada sambungan-sambungan di pipa tersebut tidak sebanding dengan debit yang mengalir pada pipa tersebut.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32502/jbearing.1680201854

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published by :

Program Studi Teknik Sipil, Universitas Muhammadiyah Palembang

P-ISSN : 2085-6261

E-ISSN : 2623-1409

Email : bearing@um-palembang.ac.id 

 Creative Commons Licence

Bearing : Jurnal Penelitian dan Kajian Teknik Sipil is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.