ANALISIS KINERJA RUAS JALAN AKIBAT PEMBANGUNANAN LRT DI JALAN JENDERAL SUDIRMAN ARAH SIMPANG CHARITAS –AMPERA KOTA PALEMBANG

Efrilia Rahmadona

Abstract


Kota Palembang merupakan pusat aktivitas berbagai kegiatan di Provinsi Sumatera Selatan, baik pemerintahan, perdangangan dan lainnya. Perkembangan lalulintas di kota Palembang tergolong sangat cepat, dengan pertumbuhan lalu lintas yang semakin cepat harus diimbangi dengan sarana dan prasarana serta sistem transportasi yang memadai sehingga pada ruas jalan tidak menimbulkan hambatan dan kemacetan. Kemacetan lalu lintas merupakan permasalahan yang besar bagi masyarakat Kota Palembang sekarang ini.
Salah satu kondisi lalu lintas yang menjadi masalah bagi pengguna jalan di kota Palembang ini adalah jalan Jendral Sudirman pada arah Simpang Charitas - Ampera. Kemacetan di jalan tersebut disebabkan karena adanya penyempitan badan jalan akibat pembangunan Light Rail Transit, ditambah lagi kebiasaan buruk pengguna kendaraan yang sering parkir sembarangan dan kendaraan umum yang sering berhenti sembarangan di badan jalan.
Berdasarkan hasil penelitian pada titik puncak kemacetan lalu lintas di jalan Jendral Sudirman pada arah Simpang Charitas - Ampera kota Palembang adalah pagi, siang dan sore dengan hasil data adalah dengan angka ( >1,00 ) dimana kinerja jalan berada pada tingkat pelayanan “F”. dengan kondisi : arus yang dipaksakan atau macet, kecepatan rendah, volume dibawah kapasitas, antrian panjang dan terjadi hambatan.




DOI: https://doi.org/10.32502/jbearing.1752201752

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published by :

Program Studi Teknik Sipil, Universitas Muhammadiyah Palembang

P-ISSN : 2085-6261

E-ISSN : 2623-1409

Email : bearing@um-palembang.ac.id 

 Creative Commons Licence

Bearing : Jurnal Penelitian dan Kajian Teknik Sipil is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.