ANALISA KARAKTERISTIK PARKIR UMUM DAN PARKIR INAP BANDAR UDARA SULTAN MAHMUD BADARUDIN II

Noto Royan, Efrilia Rahmadona

Abstract


Fasilitas parkir yang berada di Bandar Udara Sultan Mahmud Badarudin II dikelola oleh PT. Angkasa Pura II memiliki parkir mobil untuk umum dan khusus untuk parkir inap, begitu juga parkir parkir motor untuk umum dan khusus untuk parkir inap.
Berdasarkan hasil analisa bahwa karakteristik parkir umum kendaraan roda empat memiliki nilai akumulasi parkir tertinggi pada hari minggu 320 kendaraan, volume parkir tertinggi 4458 kendaraan / hari, durasi parkir kendaraan Rata – Rata 0 : 32 menit, tingkat pergantian parkir ( turn over parking ) dalam satu mobil menggunakan petak parkir sebanyak 6,72 kali / petak, dan nilai indeks parkir umum mobil sebesar 75 % dari 100 % nilai indeks parkir, yang artinya bahwa lahan parkir umum mobil hampir penuh atau tersisa 25 %, tetapi untuk saat ini kondisi lahan parkir tersebut masih cukup untuk menampung kendaraan. Karakteristik parkir umum kendaraan roda dua memiliki nilai akumulasi parkir tertinggi pada hari minggu 231 kendaraan, volume parkir tertinggi 1236 kendaraan / hari, durasi parkir kendaraan Rata- Rata 0 : 44 menit, tingkat pergantian parkir ( turn over parking ) dalam satu motor menggunakan petak parkir sebanyak 4,41 kali / petak, dan nilai indeks parkir umum motor sebesar 86,19 % dari 100 % nilai indeks parkir, yang artinya bahwa lahan parkir umum motor hampir penuh atau tersisa 13,81 %, tetapi untuk saat ini kondisi lahan parkir tersebut masih cukup untuk menampung kendaraan. Karakteristik parkir inap kendaraan roda empat memiliki nilai akumulasi parkir tertinggi pada hari rabu 78 kendaraan, volume parkir tertinggi 89 kendaraan / hari, durasi tertinggi yang menggunakan lahan parkir khusus iap selama 5 hari, tingkat pergantian parkir ( turn over parking ) dalam satu motor menggunakan petak parkir sebanyak 0,69 kali / petak, dan nilai indeks parkir inap mobil sebesar 61 % dari 100 % nilai indeks parkir, yang artinya bahwa lahan parkir inap mobil hampir penuh atau tersisa 39 %, tetapi untuk saat ini kondisi lahan parkir tersebut masih cukup untuk menampung kendaraan Karakteristik parkir inap kendaraan roda dua memiliki nilai akumulasi parkir tertinggi pada hari rabu 24 kendaraan, volume parkir tertinggi 32 kendaraan / hari, durasi tertinggi parkir inap yang menggunakan lahan parkir inap khusus selama 6 hari, tingkat pergantian parkir ( turn over parking ) dalam satu motor menggunakan petak parkir sebanyak 1,6 kali / petak, dan nilai indeks parkir inap motor sebesar 120 % dari 100 % nilai indeks parkir, yang artinya bahwa lahan parkir inap motor sudah melebihi kapasitas yang disediakan Sehingga di simpulkan bahwa lahan parkir yang masih tersisa dan yang sudah melebihi kapasitas yang tersedia.




DOI: https://doi.org/10.32502/jbearing.1760201853

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published by :

Program Studi Teknik Sipil, Universitas Muhammadiyah Palembang

P-ISSN : 2085-6261

E-ISSN : 2623-1409

Email : bearing@um-palembang.ac.id 

 Creative Commons Licence

Bearing : Jurnal Penelitian dan Kajian Teknik Sipil is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.