PERSEPSI MAHASISWA UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA TERHADAP ISU KESETARAAN GENDER DALAM PENDIDIKAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Prima Indonesia terhadap isu kesetaraan gender dalam pendidikan. Latar belakang penelitian ini berpijak pada pentingnya peran pendidikan tinggi dalam membentuk kesadaran kritis mahasiswa terhadap ketimpangan gender, terutama dalam lingkungan akademik yang masih kerap mereproduksi stereotip dan dominasi patriarkal. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui angket, wawancara semi-terstruktur, dan observasi. Sebanyak 47 mahasiswa aktif PBSI UNPRI semester empat ke atas menjadi informan utama. Instrumen penelitian divalidasi oleh ahli bidang pendidikan dan gender untuk memastikan akurasi dan relevansi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa memiliki pandangan yang positif terhadap kesetaraan gender, di mana 100% menyetujui hak yang sama dalam akses pendidikan tinggi. Namun demikian, wawancara mendalam mengungkap adanya ketimpangan nyata, terutama dalam representasi kepemimpinan organisasi dan persepsi terhadap kebijakan kampus yang belum sepenuhnya dirasakan inklusif. Kesimpulan dari penelitian ini menekankan bahwa meskipun pemahaman normatif mahasiswa telah terbentuk, diperlukan upaya lebih lanjut dalam integrasi perspektif gender ke dalam kurikulum, serta penguatan kebijakan institusional yang adil dan inklusif. Rekomendasi diarahkan pada pentingnya pelatihan sensitisasi gender bagi dosen dan mahasiswa, serta peningkatan representasi perempuan dalam posisi strategis kampus guna membentuk budaya akademik yang setara.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ainiyah, Q. (2017). Urgensi Pendidikan Perempuan Dalam Menghadapi Masyarakat Modern. Halaqa: Islamic Education Journal, 1(2), 97–109. https://doi.org/10.21070/halaqa.v1i2.1240
Annur Rosida Siregar, Mita Andira, Muhammad Reza, Nanda Lubis, Tsaniyah Andhini, & Sukma Erni. (2024). Persepsi Mahasiswa Terhadap Isu Kesetaraan Gender di Lingkungan Kampus UIN Suska Riau. JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 3(2), 71–80. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v3i2.1472
Arribas, G. V., & Carrasco, L. (2003). Gender Equality and the EU: An Assessment of the Current Issues. Eipascope, (1), 22–30.
Hilda Darmaini Siregar, & Zainal Efendi Hasibuan. (2024). Pendidikan Agama Islam: Pengertian, Tujuan, Dasar, dan Fungsi. Intellektika : Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(5), 125–136. https://doi.org/10.59841/intellektika.v2i5.1520
Ihsani, M. H. (2021). Nomos : Jurnal Penelitian Ilmu Hukum. Jurnal Penelitian Ilmu Hukum, 1(2), 61.
Lubis, R., & Triadi, I. (2024). Menganalisis Kesetaraan Gender Dalam Perspektif Konstitusi (Studi Tentang Perlindungan Hak Asasi Manusia). Indonesian Journal of Law and Justice, 1(4), 12. https://doi.org/10.47134/ijlj.v1i4.2687
Mayasari, R., Obaid, M., & Asni, A. (2020). Tarik Menarik Faktor-Faktor Sosial Psikologis dalam Terbentuknya Sikap Mahasiswa Terhadap Isu Kesetaraan dan Keadilan Gender. PALASTREN Jurnal Studi Gender, 13(2), 281. https://doi.org/10.21043/palastren.v13i2.6538
Nurlaela, P., Nabila, P., Iryanda, F. Z., & Septiliani, A. (n.d.). Persepsi mahasiswa sosiologi Universitas Nasional terhadap isu kesetaraan gender dalam pendidikan. Academia.Edu, 1–6.
Qomariah, D. N. (2019). Persepsi masyarakat mengenai kesetaraan gender dalam keluarga. Jendela PLS: Jurnal Cendekiawan Ilmiah Pendidikan Luar Sekolah, 4(2), 52–58. Retrieved from https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jpls/article/view/1601
Setiawan, H., Ouddy, S., & Pratiwi, M. G. (2018). Isu Kesetaraan Gender Dalam Optik Feminist Jurisprudence Dan Implementasinya Di Indonesia. Jurisprudentie : Jurusan Ilmu Hukum Fakultas Syariah Dan Hukum, 5(2), 121. https://doi.org/10.24252/jurisprudentie.v5i2.6285
Sujarweni Wiratna. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. 108.
Sulistyowati, Y. (2021). Kesetaraan Gender Dalam Lingkup Pendidikan Dan Tata Sosial. IJouGS: Indonesian Journal of Gender Studies, 1(2), 1–14. https://doi.org/10.21154/ijougs.v1i2.2317
UNISCO. (2010). Données mondiales de l’éducation. VII éd, Lomé, Togo. 57.
Wildani, M. F., & Dharmawan, A. (2024). PERSEPSI REMAJA TENTANG TVRI JATIM SEBAGAI MEDIA PENYIARAN PUBLIK LOKAl. The Commercium, 8(1), 34–44. https://doi.org/10.26740/tc.v8i1.58629
DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v9i1.10019
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Bindo Sastra
The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.
Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia
Email : bindosastra@gmail.com
Indexed by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.