KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN EKSPOSISI SISWA MELALUI MEDIA WALL CHART DI KELAS X SMA NEGERI 8 PALEMBANG
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingkat kemampuan menulis karangan eksposisi siswa di sekolah yang masih rendah. Peneliti menggunakan media Wall Chart untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan eksposisi. Masalah penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan media Wall Chart siswa mampu menulis karangan eksposisi di kelas X SMA Negeri 8 Palembang? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan eksposisi dengan media Wall Chart siswa kelas X SMA Negeri 8 Palembang . Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Peneliti menetapkan satu kelas sebagai subjek penelitian yaitu X SMA Negeri 8 Palembang berjumlah 30 siswa, terdiri 9 laki-laki dan 21 perempuan. Data penelitian diperoleh melalui tes menulis karangan eksposisi. Hasil tes yang didapat adalah pada siklus I, nilai tertinggi yang diperoleh siswa adalah 72 (sebanyak 3 orang) dan nilai terendah yang diperoleh siswa adalah 40 (sebanyak 27 orang). Nilai rata-rata kelas 52,10 dengan presentase keberhasilan belajar siswa 10% (rendah). Pada siklus II, nilai tertinggi 93 (sebanyak 1 orang). Rata-rata kelas 80,50 dengan presentase keberhasilan belajar siswa 83,33% (tinggi). Berdasarkan hasil tes karangan eksposissi siswa dikelas X SMA Negeri 8 Palembang terbukti kebenarannya dan diterima di atas, peneliti menyimpulkan bahwa melalui media Wall Chart dapat meningkatkan kemampuan menulis.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cip
Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Jakarta : PT Rajawali Pers.
Depidiknas. (2014). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Tiga. Jakarta: Gramedia.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Cv Pustaka Setia.
Hidayah, Nurul. (2016). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Garudhawaca Yogyakarta.
Sadiman, Arief. (2009). Media Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.
DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v2i2.1578
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Bindo Sastra
The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.
Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia
Email : bindosastra@gmail.com
Indexed by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.