PENGEMBANGAN DRAF BUKU TEKS BAHASA INDONESIA SMA KELAS XI SEMESTER GENAP DI DAERAH SUMATERA SELATAN DALAM ERA OTONOMI DAERAH

Mulyati Mulyati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi buku teks Bahasa Indonesia SMA yang digunakan sekarang, merancang draf buku teks Bahasa Indonesia SMA kelas XI semester genap yang materinya menggambarkan warna daerah Sumatera Selatan, untuk mengetahui kemampuan siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia sebelum dan sesudah menggunakan buku teks yang diujicobakan, serta untuk merevisi buku teks Bahasa Indonesia SMA kelas XI semester genap yang lebih baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan (development research) dengan langkah-langkah: mensurvei program yang ada, mengembangkan program, mengujicobakan program, mengevaluasi program, dan menyempurnakan program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) buku teks Bahasa Indonesia yang digunakan di SMA belum ada yang menggambarkan warna daerah Sumatera Selatan; (2) tersusunnya draf buku teks Bahasa Indonesia SMA kelas XI semester genap yang materinya menggambarkan warna daerah Sumatera Selatan; (3) draf buku teks Bahasa Indonesia yang diujicobakan ternyata lebih efektif digunakan dibandingkan dengan buku teks yang digunakan siswa sebelumnya (hasil postes > pretes); dan (4) tersusunnya buku teks Bahasa Indonesia SMA kelas XI semester genap yang lebih baik daripada draf uji coba.


Keywords


pengembangan; draf buku teks Bahasa Indonesia; era otonomi daerah

Full Text:

PDF

References


Depdikbud. (1994). Kurikulum K13 Beserta Implikasinya. Jakarta: Pusat Pengembangan Kurikulum dan Sarana Pendidikan.

Depdikbud. (1995). Kurikulum SMA Garis-Garis Besar Program Pengajaran Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.

Diem, Chuzaimah, Dahlan; Diemroh Ihsan; Mulyadi E. Purnomo; dan Sri Indrawati. (2001). Developing Students’ Reading and Learning Habit Through Acceleration of Reading Comprehension and Study Skills. Research Report of DCRG-URGE Project.

Madjid, Usman. (2000). “Peningkatan Kualitas Penyelenggaraan Pendidikan di Sekolah dalam Menyiapkan SDM Pada Otonomi Daerah.” Makalah yang disajikan dalam Seminar Pendidikan di Sumatera Selatan. Palembang, 5 Juni 2000.

Parera, Daniel, Jos. (1996). Pedoman Kegiatan Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Widia Sarana.

Thoha, Miftah. (1999). “Desentralisasi Pendidikan” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. (Nomor 017), 1-7.

Undang Undang Republik Indonesia No. 22 Tahun 1999 Tentang Pemerintahan Daerah dan Otonomi Daerah.




DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v3i1.1974

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Bindo Sastra

The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : bindosastra@gmail.com

Indexed by : 

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.