TRAUMA KEJIWAAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL LELAKI HARIMAU KARYA EKA KURNIAWAN

Burhanuddin Aulia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan trauma kejiwaan dalam novel Lelaki Harimau karya Eka Kurniawan. Novel tersebut dipilih karena tokoh utama mengalami gangguan stres pascatrauma. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif. Teori yang digunakan adalah struktur naratif A.J. Greimas dengan pendekatan psikologi sastra yang berfokus pada trauma kejiwaan tokoh utama dalam novel. Pembahasan pada penelitian ini berupa struktur naratif Greimas yang menjelaskan tentang skema aktansial, skema fungsional, dan empat terma homologi. Hal tersebut digunakan untuk mengidentifikasi trauma kejiwaan pada tokoh utama Margio dan menjelaskan sosok “harimau” sebagai bentuk pascatrauma. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tokoh utama dalam novel mengalami luka pascatrauma karena perlakuan kasar yang dialami tokoh utama dan ibunya.


Keywords


trauma kejiwaan; gangguan stres pascatrauma; struktur naratif greimas

References


Astuti, L. (2010). Kajian Psikologis Tokoh Annisa Dalam Novel Perempuan Berkalung Sorban Karya Abidah El Khalieqy. Disertasi. Universitas Mataram.

Bowart, Walter H. (1994). Operation Mind Control: Researcher’s Edition. Arizona: International Artists trust of Eran.

Curtois, Christine A, dan Ford, Julia D. (2016). Treatment of Complex Trauma: A Sequenced, Relationship-Based Approach. New York: The Guilford Press.

Karnanta, Kukuh Yudha. (2018). Mengakari Teks Menjelajahi Konteks: Sekumpulan Esai Sastra dan Budaya. Surabaya: Pusat Penerbitan dan Percetakan Universitas Airlangga (AUP).

Kurniawan, Eka. (2014). Lelaki Harimau. Jakarta: Gramedia.

Minderop, Albertine. (2016). Psikologi Sastra: Karya Sastra, Metode, Teori, dan Contoh Kasus. Jakarta: Pustaka Obor.

Noviyanti, P. B., & Dermawan, R. N. (2018). Konflik Batin Tokoh Utana Pada Novel Lelaki Harimau Karya Eka Kurniawan: Pendekatan Psikologi Sastra. Caraka, 5 (1): 174-196.

Nugraha, A. A. (2019, November). Konflik Sosial pada Novel Lelaki Harimau Karya Eka Kurniawan. Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia (SENASBASA) 3 (2).

Rokhmansyah, Alfian. (2014). Studi dan Pengkajian Sastra: Perkenalan Awal Terhadap Ilmu Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Yogyakarta: Deepublish.

Wijayanti, C. T., Hadi, P. K., & Furinawati, Y. (2018). Dominasi Laki-Laki Atas Perempuan Terhadap Kehidupan Seksual Dalam Novel Lelaki Harimau Karya Eka Kurniawan. Widyabastra: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 6 (1): 52-61.




DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v4i1.2322

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Bindo Sastra

The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : bindosastra@gmail.com

Indexed by : 

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.