PERAN PEMBELAJARAN BAHASA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR

Harlina Harlina, Ratu Wardarita

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peran pembelajaran bahasa dalam pembentukan karakter para siswa sekolah dasar. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan referensi bagi para guru sekolah dasar, khususnya guru kelas rendah untuk menjadikan bahasa sebagai salah satu sarana pembentukan karakter anak. Penelitian ini merupakan kajian teoretis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian  menunjukan bahwa pembelajaran bahasa di sekolah dasar khususnya di kelas rendah, sangat berperan besar  dalam pembentukan karakter anak, seperti karakter ramah, sopan santun, percaya diri,  menghargai orang lain, nasionalisme, dan saling menghormati, baik itu melalui bahasa ibu maupun bahasa Indonesia selaku bahasa nasional. Pembentukan karakter dalam pembelajaran bahasa pada siswa sekolah dasar kelas rendah tersebut tidak hanya melalui materi ajar, model pembelajaran, dan penilaian otentik, tetapi juga melalui contoh perilaku dari guru, pembiasaan, dan suasana belajar yang aktif, kreatif, menarik, dan menyenangkan

Keywords


pembelajaran bahasa; pembentukan karakter; siswa sekolah dasar

References


Abidin, Yusuf. (2013). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Astuti, Tri. (2015).Peran Pembelajaran Bahasa dalam Pembentukan Karakter. Jurnal Edukasi. UNIB.

Conny; Semiawan. (2009). Penerapan Pembelajaran pada Anak. Jakarta: PT Indeks.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2010). Guru dan Anak Didik Dalam Intraksi Edukatif. Jakarta: Rineka Citra.

Kadir, H. Abdul dan Hj. Hanun Asrorah (2015). Pembelajaran Tematik. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Kusumayani, Sekar Purbaiti. (2015). Karakteristik Siswa Kelas Rendah dan Pembelajarannya. Yogyakarta: UNY.

Mulyasa. (2018). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Mustari, Mohamad. (2014). Nilai Karakter Refleksi untuk Penddikan. Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Nafi’ah, Siti Anisatun. (2018). Model-Model Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Mojokerto: Ar-rezz Merka.

Sulistiyowati, Eni. (2013) “Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia”. Jurnal Edukasi Penelitian Pendidikan Islam. 8 (2): 317.

Syah, Muhibbin. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Grapindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v4i1.2332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Bindo Sastra

The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : bindosastra@gmail.com

Indexed by : 

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.